Kamis, 08 September 2016

MODDING GUIDES (TIPS MODDING) ETS2 UNTUK VERSI 1.25 KE ATAS (LENGKAP BAHASA INDONESIA)

Tips Modding ETS2 untuk versi 1.25 keatas.

Update terbaru untuk ETS2 versi 1.26 bisa dibuka DISINI
 

Salam! Game Euro Truck Simulator saat ini sudah kembali update ke dalam versi(patch) 1.25. Sehingga ada beberapa perubahan fitur dan pengaturan yang ada disini. Bagi para modder atau mapper ETS2 harus tau apa saja perubahannya. Kalau tidak, bisa muncul masalah pada karya mod/peta buatanmu. Dan disini saya permudah pemahaman pembaca dengan bahasa Indonesia.

Sebelumnya, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui.
Beberapa model baru yang bertuliskan "fr" pada nama akhiran atau awalan yang saat ini masih dalam pengerjaan oleh SCS, dan kemungkinan akan berubah secara signifikan dalam beberapa patch/versi berikutnya. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menghindari menggunakan model tersebut dalam mod buatanmu saat ini.

Ketika membuat/mengubah model dari yang asli, menambah mod Anda juga semua dari file original/automat/ yang digunakan. Nama-nama file yang dihasilkan dibuat sebagai SHA1 hash dari konten tersebut sehingga setiap kali mengubah parameter material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya dan file asli mungkin tidak ada apabila tidak ada model lain yang menggunakan parameter asli.

Ketika memodifikasi model asli, selalu menyertakan SEMUA komponen dari model (PMG + PMD) bukan hanya mereka yang akan berubah. Jika tidak, mod tersebut berisiko alami crash jika kalian mengubah model.
Seperti biasa saat menambahkan objek baru ke file yang mendukung pendekatan multi-file (misalnya road_look.sii) itu sangat DIANJURKAN untuk menggunakan akhiran atau awalan nama untuk menghindari konflik dengan objek baru buatanmu saat menambahkan dalam patch. Jika tidak, Anda mungkin harus menggunakan fungsi batch renaming untuk memperbaiki konflik ketika patch/versi baru muncul.

Cara mengkonversi (memperbarui) mod peta ke versi terbaru.
Buka mod peta buatanmu.
Perbaiki beberapa error yang muncul (kalau ada).
Simpan peta, lalu lakukan rebuild (F8)
Simpan kembali.

Baiklah, kalau diatas tidak ada masalah berikut perubahan yang terjadi pada versi terbaru kali ini.

Game Data
Semua data peta yang sebelumnya tergantung dari game_data.sii, kini dipindahkan ke map_data.sii. Periksa map_data.sii untuk daftar atribut lama.

Truck Data
Steering wheel adjustment animations
Truk interior animation (_uk) .sui punya dua animasi baru untuk penyesuaian roda kemudi. Salah satu animasi mendefinisikan perpindahan atas/bawah dan yang lain mendefinisikan perpanjangan kemudi. Selain itu atribut bawaan tersebut memberitahu posisi istirahat dari roda kemudi.
Contohnya ada di /def/vehicle/truck/<your_truck_name>/interior/animations.sui:

wheel_updown_anim: "/vehicle/truck/<your_truck_name>/interior/<rotation_animation.pma>"
wheel_frontback_anim: "/vehicle/truck/<your_truck_name>/interior/<extension_animation.pma>"
wheel_updown_anim_default: 0.3
wheel_frontback_anim_default: 0.5

Backlight dashboard
Truk interior sekarang berisi atribut bernama backlight_with_lights. Mendefinisikan jika dashboard menyala dengan listrik (ignition) atau lampu dinyalakan. Nilai defaultnya adalah benar, sehingga dashboard menyala saat lampu menyala.
Interior camera preset lookup
Kamera pada truk interior sekarang berisi array bernama look_presets_defaults. Hal ini terdapat 6 elemen array yang mendefinisikan sudut kamera (dalam derajat) pada bidang horizontal. Nilai defaultnya adalah:

look_presets_defaults[]: 0      // forward
look_presets_defaults[]: -40    // forward-right
look_presets_defaults[]: 20     // forward-left
look_presets_defaults[]: -70    // right
look_presets_defaults[]: 70     // left
look_presets_defaults[]: -20    // windscreen center

Setir Aksesoris
Truk interior mendapat aksesori baru bernama steering_w, yang mendefinisikan kemudi sebagai model kaku dipisahkan dari Model animasi interior. Model harus ditempatkan dalam folder peningkatan: vehicle/truck/upgrade/steering_w/<nama truk> dan file definisi aksesori harus ditempatkan di folder: def/vehicle/truck/<nama truk>/accessory/steering_w.
Contohnya:

SiiNunit {
accessory_addon_data : exclusive.<your_truck_brand>.<your_truck_name>.steering_w {
      name: "Exclusive Steering Wheel"
      price: 360
      unlock: 10
      icon: "<your_truck_name>/steering_w_excl"
      interior_model: "/vehicle/truck/upgrade/steering_w/<your_truck_name>/exclusive.pmd"
}
}

Trailer Data
Telah ditambahkan trailer paintjobs untuk setiap kontainer. Dalam /def/vehicle/trailer/<nama trailer>/,  buat custom paintjobs dan menambahkan definisi untuk paintjob. Contohnya:

SiiNunit
{
accessory_paint_job_data : .paint_job
{
   airbrush: true
   alternate_uvset: true
   paint_job_mask: "<path to your tobj file>"
}
}

Map Editor.
Khusus mapper ETS2, kini ditambahkan vegetasi dan terrain picker untuk memudahkan dalam menerapkan pola/warna yang sama (anggap saja sebagai colour picker di Photoshop atau Corel Draw). Ditambahkan dialog yang menampilkan info tentang pola terrain tersebut saat memilihnya.

Lalu lintas.
Spawn frequency
Definisi dari spawn frequency tiap negara telah diperbaiki dan disederhanakan. Daripada membuat file baru untuk setiap definisi kendaraan, lebih baik tempatkan semuanya yang disesuaikan  ke dalam satu file /def/country/(nama negara)/traffic.(nama modnya).sii. Sebagai contoh:

country_traffic_info : .country.info.traffic.a3 {
    object: traffic.a3
    spawn_frequency: 0.00
}

objek = nama satuan objek info yang diberikan adalah untuk semua jenis kendaraan dan trailer yang mendukung.
Spawn_frequency – sekurang-kurangnya nomor float non-negatif (presisi tidak lagi dari 1/10)
Untuk mengganti info lalu lintas di mod buatanmu, kalian hanya membuat definisi baru dalam file definisimu dengan nilai yang sama untuk atribut objek sebagai salah satu yang sedang ditimpa. Untuk setiap objek info lalu lintas yang terakhir dimuat digunakan.

Batas kecepatan.
Perhitungan batas kecepatan untuk lalu lintas truk telah disesuaikan. Saat ini hal itu tidak mungkin untuk menaikkan batas kecepatan truk di atas batas negara menggunakan rambu lalu lintas. Misalnya, truk dalam kota dipaksa untuk berkendara pada kecepatan lambat (misal 50 km/h) tanpa tanda-tanda lalu lintas (jika tidak pada jalan berkecepatan tinggi seperti jalan raya/jalan tol).
Untuk menghapus keterbatasan ini, atribut baru telah dibuat:
max_limit - array speed limits mendefinisikan nilai batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk jenis kendaraan tertentu di negara tertentu pula (tidak bisa dinaikkan, misalnya oleh rambu lalu lintas). Secara default, tidak ada batas yang ditetapkan.
Sebagai kompromi antara “membuat truk mengemudi terlalu lambat” dan atau  “memungkinkan batas kecepatan mobil untuk truk”, batas kecepatan negara untuk truk di semua negara kini ditetapkan sebagai berikut:
Untuk truk di kota, memungkinkan meningkatkan batas kecepatan oleh rambu lalu lintas sampai dengan batas kecepatan di pedesaan.
Sebagai contoh:

country_speed_limit : .speed_limit.truck {

    vehicle_speed_class:    truck

    lane_speed_class[]:    local_road
    limit[]:         70
    urban_limit[]:   50
    max_limit[]:     70

    lane_speed_class[]:     expressway
    limit[]:         80
    urban_limit[]:   50
    max_limit[]:     80

    lane_speed_class[]:     motorway
    limit[]:         80
    urban_limit[]:   80
    max_limit[]:     80
}

Itu saja beberapa tips yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya bagi para modder/mapper ETS2 yang sedang berkarya. Terima kasih dan selamat berkarya!.

MODDING GUIDES (TIPS MODDING) ETS2 UNTUK VERSI 1.25 KE ATAS (LENGKAP BAHASA INDONESIA) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar