Minggu, 11 September 2016

MOD PETA INDONESIA UNTUK EURO TRUCK SIMULATOR 2 (ETS2)

Mod Peta Indonesia untuk Euro Truck Simulator 2 Lengkap Terbaru. (Hanya untuk BERBAGI!)

Update pada : 10 November 2016

Salam! Anda masih memainkan game simulasi yang satu ini? Ya, game Euro Truck Simulator 2 atau disingkat ETS2 semakin berkembang dan masih diminati sekian banyak pemainnya di seluruh dunia. Bahkan setelah merilis game sekuelnya yaitu American Truck Simulator atau disingkat ATS, game ETS2 seakan-akan masih tetap diminati. Dengan beragam mod yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, mulai dari truk dan masing-masing bagiannya, kargo atau trailer, suara mesin, cuaca, traffic (lalu lintas), sampai peta sekaligus. Tapi disini saya hanya akan membahas mod peta untuk game ETS2 saja. Ingat, saya tidak bermaksud melanggar hak cipta atau membajak apapun terkait mod! Saya hanya sekedar berbagi dan memperkenalkannya kepada Anda semua, tetapi bukan promosi lho!

Saat ini ada banyak sekali mod peta yang bisa Anda mainkan di game ETS2 dengan fitur yang beragam dan menarik. Salah satu mod peta terpopuler saat ini yaitu Promods, dimana menyajikan peta Eropa yang berkualitas dan sudah berkembang pesat hingga Finlandia, negara Baltik seperti Estonia, Latvia, dan Lithuania, Slovenia, Rumania (Romania), negara kecil Liechtstein, Spanyol, bahkan sampai Islandia. Selain itu juga ada TSM (Trucksim Map) yang fokus pada pembangunan Jerman tetapi sudah berkembang hingga Albania, Yunani, bahkan memasuki benua Afrika. Mod peta lainnya yaitu MHA Pro EU Map, Rusmap, Russian Open Space (ROS), juga mod peta berjenis standalone-map seperti Hungary Map, Romania Map, dan masih banyak lagi. Ada juga mod peta yang menyajikan peta selain Eropa seperti EAA Brazil Map, Egypt Addon Map, ROC Taiwan Map, South Korea Offroad Map, Rutas Mortales, Bolivia Map, dan tentunya mod peta Indonesia yang akan saya sebutkan dibawah.

Meskipun ada beragam jenis mod peta yang tersedia, tetapi ada beberapa peta yang “dibajak” dari peta milik orang lain. Namun sebagian penulis tidak menyebutkan sumber atau asal usul model atau peta yang diambil. Memprihatinkan bukan! Meskipun banyak orang yang menyukai peta bajakan tersebut, tapi itu sama saja dengan “Melanggar Hak Cipta”. Pernah terjadi suatu kasus dimana salah satu pembuat peta yang telah dibajak orang meminta untuk menghapus peta miliknya yang telah dibuat dengan susah payah. Namun bukannya menuruti perintahnya malah komplain dan muncul perdebatan panjang di scs forum. Padahal sebelumnya sudah ada sekian peta yang dia bajak lalu dengan mudahnya copy-paste ke dalam peta buatannya sehingga petanya menjadi lebih besar. Kasus serupa juga sempat terjadi pada salah satu mod peta lainnya, tetapi pada game berbeda yaitu game sekuelnya ATS. Dan bahkan ada pula yang sebenarnya sudah membajak peta orang lain tetapi tidak terlalu dibicarakan secara serius sehingga si pembuat terus mengembangkan peta buatannya. Semua itu tergantung respon dari pihak yang dirugikan (pembuat peta yang dibajak tersebut).

Kembali ke sini. Sebanyak apapun mod peta yang tersedia dari seluruh dunia, tetapi salah satunya ada yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia. Dan tentu saja membuat mod peta rasa Indonesia. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi sudah dikenal di Indonesia bahkan dunia. Ada yang berjenis standalone-map (peta berdiri sendiri) dan ada pula addon map (peta pelengkap). Semua itu dengan berbagai fitur dan pemandangan yang  berbeda. Sebagai perbandingannya, mod peta yang bisa digunakan/dimainkan pada ETS2 minimal pada versi 1.17 (rilis DLC Scandinavia) dianggap sebagai mod baru. Maka versi dibawah 1.17 merupakan mod lama. Tetapi apabila DLC France (Prancis) akrirnya rilis, maka mod peta yang dirilis dibawah versi 1.20 atau lebih dianggap sebagai mod lama. Berikut saya sampaikan mod peta apa saja yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia yang telah diambil dari berbagai sumber.

1. ICRF (Indonesia Country Road Fever) Sukabumi

Mod peta ini dibuat oleh Adie Evergreen. Menampilkan peta Sukabumi berjenis standalone map berskala 1 : 5 sehingga dalam pengiriman yang menempuh waktu 4 jam di game bisa dimainkan selama 2 atau 3 jam di kehidupan nyata, dan tersedia puluhan perusahaan dengan dua savehouse (garage) yaitu Pelabuhan Ratu dan Sukajaya, dan sekarang sudah berkembang menuju kota Sukabumi. Mod ini menggunakan setting weather (cuaca) sedemikian rupa hingga mirip dengan keadaan di Indonesia, seperti perputaran matahari yang sesuai dengan daerah ekuator. Jalanan di peta ini cukup menantang seperti jalan di pedesaan. Kalau gak hati-hati bisa tertabrak. Lalu lintas jalan di peta ini menyesuaikan dengan lalu lintas Indonesia saat ini, sehingga terlihat mobil sering mendahului (menyalip) dan terkadang malah menabrak kendaraan lainnya. Mod ini bukan hanya sekedar mengantarkan barang, tetapi juga mengangkut penumpang dengan bis dan tersedia beberapa terminal/halte bis di dalamnya. Disediakan pula beragam pilihan traffic (lalu lintas) sehingga saat di jalan Anda bisa menemukan kendaraan khas Indonesia. Vegetasi (tetumbuhan) banyak yang berupa 2D kemungkinan disebabkan beratnya grafis saat memainkannya. Saat ini tersedia untuk game ETS2 versi 1.21, 1.22 dan versi 1.23.


Screenshots

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!
 





Download Links

Sumber : ets2.lt
Untuk patch 1.21 DISINI
Untuk patch 1.22 DISINI

Sumber  superrefreshing.blogspot.com
Download DISINI (tersedia untuk patch 1.23)

2. Legiunnaire Map

Mod peta ini dibuat oleh Haris Irfan (legiunnaire) dengan jenis addon map. Menampilkan peta sebagian Jawa Tengah dan DI Yogyakarta pada posisi di barat Prancis dan selatan Inggris. Untuk memasukinya lewat kota Southampton di Inggris. Saat ini tersedia sekitar 50 kota/desa dengan beragam perusahaan yang ada di dalamnya. Jalanan disini cukup menantang seperti di pedesaan. Yang berbeda dari mod peta lainnya yaitu ketinggian pada terrain (permukaan tanah) peta itu sendiri, dimana disesuaikan dengan ketinggian aslinya di google map/earth sehingga jalan tanjakan atau turunan pun menyesuaikan pula dan menjadi tantangan tersendiri, bahkan bisa mencapai ketinggian lebih dari 1000m di game. Mod peta ini masih terus dikembangkan hingga luasnya cukup besar. Tetapi hanya mod peta addon tertentu saja yang bisa digabungkan dengan mod ini. Tersedia untuk game ETS2 mulai dari versi 1.10 hingga yang terbaru pada 1.25. Lumayan aktif (sering update) juga mod peta ini.

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!





Download Links.

ETS2.lt DISINI

Sumber myspacenote.blogspot.co.id
Download DISINI

3. Map IZI (Island Zone Indonesia)

Mod peta ini dibuat oleh Ridho Luke Shaw dengan jenis standalone map dan menampilkan peta pulau Sumatera berjumlah sekitar 18 kota. Jalanan di peta ini seperti di pedesaan dengan suasana yang cukup berbeda dari mod peta lainnya. Saat ini mod peta tersebut masih dalam pembaharuan dan akan berkembang hingga ke pulau jawa. Tersedia untuk game ETS2 versi 1.16 (ada pula fix untuk versi 1.22 tetapi link sepertinya telah dihapus)

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!


Download Links.

ETS2.lt DISINI

Sumber superrefreshing.blogspot.co.id
Download DISINI

4. Map Jowo

Mod peta ini dibuat dengan jenis standalone map oleh Dwi Priyanto dan menampilkan peta sebagian pulau Jawa khususnya pada bagian utara Jawa. Peta disini lebih banyak daerah pemukiman. Model petanya hampir mirip dengan Map IZI. Saat ini tersedia sekitar lebih dari 20 kota tersebar di bagian utara Jawa.  Tersedia untuk game ETS2 mulai versi 1.18, 1.20, 1.21, 1.22, dan 1.23.

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!




Download Links.

Sumber dmasterpro8.blogspot.co.id
Download DISINI


Sumber superrefreshing.blogspot.co.id

Download DISINI

5. MII Map

Mod peta ini dibuat oleh ian Gancank dengan jenis standalone map. Menampilkan peta fiktif (imajinasi) Indonesia dengan nama baru, dikondisikan seperti di pulau Sumatera atau Kalimantan. Tersedia sekitar 23 kota/desa. Jalanan disini memberikan tantangan tersendiri layaknya jalan offroad. Melakukan pengiriman barang di wilayah kampung kecil diselimuti hutan belantara, walaupun hanya beberapa daerah saja yang berupa kota besar ataupun kecil. Ditambahkan pula pulau kecil di sisi timur berisi beberapa desa dan diakses melalui jalur ferry. Tersedia untuk game ETS2 versi 1.15, 1.16, dan yang terbaru pada versi 1.19.

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!





Download Links.

Sumber ets2.lt
Download DISINI



Sumber youtube.co.id
Download 
Part1 DISINI
Part2 DISINI
Video DISINI

6. Sumatera Map

Mod peta ini dibuat oleh Safarul Ilham dengan jenis standalone map. Menampilkan peta sebagian wilayah pulau Sumatera bagian utara dan tengah. Saat ini tersedia sekitar lebih dari 20 kota/desa. Mod peta ini lebih banyak pemukiman di sepanjang jalan tapi tak ketinggalan suasana pedesaan di beberapa wilayah. Ada beragam jenis trafik (traffic) dimana lalu lintas kendaraan di sana disesuaikan dengan kendaraan umum yang ada di indonesia seperti truk, bis (bus), atau mobil khas Indonesia. Meskipun masih ada beberapa perbaikan yang harus diselesaikan. Tersedia untuk game ETS2 versi 1.16 hingga 1.19. Saat ini sudah kembali update untuk versi 1.23.

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!






Download Links.

Sumber safarulilham.blogspot.co.id
Download DISINI



Sumber superrefreshing.blogspot.co.id
Download DISINI

7. HSM (Halo Solo Map)

Hallo Solo Map atau bisa disebut HSM adalah salah satu mod map standalone untuk game Euro Truck Simulator 2 yang berasa seperti di Indonesia. Mod ini dibuat oleh Rio Riza Andika. Map HSM ini rencananya dibangun dari Kota Tangerang hingga Kota Solo via jalur pantura, tetapi saat ini tersedia daerah Jawa Barat saja. Map ini cukup berbeda dibandingkan map ICRF oleh Adie dan Map Hungary by Frank karena rute tempuh yang dibuat cukup jauh jaraknya atau bisa dibilang ingin menyerupai jarak aslinya. Tersedia untuk ets2 versi 1.22 & 1.23 + DLC Going East & Scandinavia

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!




Download Links.

Sumber serba-serbi-apa-aja.blogspot.co.id
Download DISINI



Sumber superrefreshing.blogspot.co.id
Download DISINI

8. Map Indonesia Jalur Selatan.

Mod ini dibuat oleh Donal dengan jenis addon map. Mod ini sudah menjadi sangat populer pada saat itu. Mod ini merupakan addon dari mod TSM (Trucksim Map), maka bila ingin memainkannya harus diaktifkan dahulu mod TSM tersebut. Mod ini menampilkan peta fiksi berupa pedesaan dan terletak di barat Inggris. Terakhir tersedia untuk game ETS2 versi 1.13. tetapi hingga saat ini tiada perkembangan yang muncul pada map ini padahal hampir semua map indonesia yang ada sudah bisa dimainkan pada ETS2 hingga versi 1.22 dan mod ini bisa dibilang sangat populer di jamannya. Namun akhirnya mod ini kembali update untuk ETS2 versi 1.25.

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!






Download Links.

Sumber ets2.lt
Download DISINI
Untuk versi 1.25 DISINI

Sumber superrefreshing.blogspot.co.id
Download DISINI


9. PJ (Panjelajers) Indo Map

Mod ini dibuat oleh Septian MR dengan jenis addon map. Terletak di barat Prancis dan Spanyol atau selatan Inggris dengan memasuki peta tersebut menggunakan jalur laut (ferry) dari Calais atau Dover. Menampilkan peta fiksi berupa paduan antara kota dengan pegunungan yang indah. Jalanan yang ada di peta ini terbilang mulus, meskipun banyak tikungan dan kelokan tajam disepanjang perjalanan tetapi dibarengi dengan melihat pemandangan disekitarnya yang sangat indah. Mod ini menjadi satu-satunya mod peta Indonesia pada saat ini dengan nama kota khas Indonesia tetapi memiliki 2 lalu lintas berbeda dalam satu mod peta, yang satu lalu lintas kanan jalan dan yang lain kiri jalan. Oleh karena itu, mod ini terbagi dalam 2 region (wilayah), yaitu region lalu lintas kanan jalan (terbesar saat ini) yang terdiri dari 20 kota, dan region lalu lintas kiri jalan yang terdiri dari 9 kota, sehingga total kota yang ada menjadi 29 kota. Mod peta ini juga memiliki tempat panorama yang sangat indah, menarik, dan berkualitas sehingga bisa menjadi tempat berfoto yang bagus. Selain itu mod peta addon ini sangat fleksibel, bisa digabungkan dengan berbagai mod peta addon ETS2 populer dunia saat ini yaitu Promods, TSM, Rusmap, ROS, EAA, dan masih banyak lagi. Tersedia untuk game ETS2 mulai versi 1.19, 1.20, 1.21, 1.22, 1.23, hingga 1.24.

Screenshots.

Gambar ini diambil dari berbagai sumber!







Links bisa dilihat DISINI

Itulah beberapa mod peta Indonesia yang bisa saya jelaskan disini. Apabila masih ada beberapa hal yang belum disebutkan di atas, setidaknya tolong beritahu saya lewat pos komentar dibawah. Dan jika ada kesalahan dalam penulisan atau hal-hal lain saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa pilih like/subscribe pada post ini dan berbagi (share) postingan ini lewat media internet apapun. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan tanpa adanya konflik apapun. Sekian dari saya. Wassalam!

MOD PETA INDONESIA UNTUK EURO TRUCK SIMULATOR 2 (ETS2) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

9 komentar:

  1. bray kalo versi 1.30 beta bisa gak di masukkan mod peta indo versi 1.23

    BalasHapus
  2. Mas, ini downloadnya harus dua yah??, soalnya ada dua link

    BalasHapus
  3. Mas, ini downloadnya harus dua yah??, soalnya ada dua link

    BalasHapus
  4. Ini game kok gk ada d plystore ya. Cara bwat dowload game.y gimana ya...

    BalasHapus
  5. Ini game kok gk ada d plystore ya. Cara bwat dowload game.y gimana ya...

    BalasHapus