Sabtu, 17 Desember 2016

MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 TERBARU (PART 4)

MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 TERBARU (PART 4)

Menu View di Map Editor.

Ada beberapa fitur yang mungkin bisa dicoba untuk mengembangkan mod map (peta) buatanmu supaya lebih berkualitas dan disukai penggemarnya. Secara umum berikut pilihan menu view yang tersedia di map editor, tapi saya hanya bisa menjelaskan beberapa item saja. Semoga membantu! 

Tampilan Map Edtor ETS2
Grid

Umumnya hampir semua program aplikasi desain grafis memiliki fitur yang satu ini. Fungsinya umumnya sebagai skala peta, juga untuk mempermudah dalam mengatur jalan agar posisinya tepat. Untuk memperbesar/memperkecil grid bisa dipilh pada menu grid di sisi kanan atas. Contohnya seperti gambar

Grid 1 cm

Grid 20 m
Grid 100 m



Drop free camera to ground
Fungsinya agar saat dalam mode free camera, maka view akan bergerak mengikuti permukaan bidang/item. Jadi misalnya saat kita arahkan ke gunung, maka layarnya otomatis naik mengikuti kemiringan gunung, jadi tidak akan tembus ke depan. Tapi dengan mengaktifkan ini kita tidak bisa langsung arahkan ke atas seperti sedang terbang. Contoh seperti gambar. 


Sebelum Dipindahkan
Setelah Dipindahkan


Collisions.

Fungsinya dapat mengetahui bagian yang terdapat tembok penghalang yang transparan (invisible wall). Hal ini dapat diketahui dengan warna hijau atau merah pada item/objek. Tapi jika tidak terbiasa, maka akan terlihat ruwet dan memusingkan kepala. 



Collisions.


Wireframe.

Fungsinya melihat objek/item dalam bentuk kerangka (seperti kawat). Biasanya bagi seorang modeller (pembuat model) seperti rumah, pohon, rambu, dll. Dapat mengguakannya. Tapi jika tidak terbiasa, maka akan terlihat ruwet dan memusingkan kepala juga. 


Wireframe.

Terrain Quads.

Fungsinya mengetahui pola/garis suatu lahan (terrain) sehingga dapat mengetahui bentuk gundukan bukit/lembah. Ini dilakukan dengan cara memilih item jalan (road) hingga muncul garis kuning di permukaan tanah atau terrain.


Terrain Quads

KDOP Bounds.

Fungsinya mengetahui seluas apakah item yang ditambahkan pada map editor. Biasanya untuk mengantisipasi jarak antar item yang berdekatan. 


KDOP Bounds

Gizmo.

Fungsinya memunculkan arah sumbu pada item, dan mempermudah dalam memindahkan objek/item sehingga posisi bisa lebih tepat. View suatu arah sumbu bisa diubah dengan memilih menu Gizmo di sisi kanan atas, yang terdiri dari menu Local, Global, dan View. 


Gizmo View.

Gizmo Rotate.

MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 TERBARU (PART 4) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar