Sabtu, 03 Desember 2016

MODDING GUIDES (TIPS MODDING) ETS2 UNTUK VERSI 1.26 KE ATAS (LENGKAP BAHASA INDONESIA)

MODDING GUIDES (TIPS MODDING) ETS2 


Untuk ETS2 versi 1.26.xx keatas.

ETS2 Update 1.26


Salam! Kali ini ada kabar gembira buat para pemain ETS2. Yaitu adanya update versi terbaru dan merilis peta DLC terbaru “Vive la France” yang mengekspansi seluruh wilayah Perancis. Mungkin bagi para modder harus bersiap-siap menyesuaikan update terbaru yang satu ini.  Tapi apa saja yang baru dari update ETS2 versi 1.26?

Salah satunya map base (peta dasar) dari Prancis, seperti Calais, Metz, Lille, Lyon, Dijon, dan sekitarnya sudah dibangun ulang. Termasuk kota Paris yang sudah berubah total (seperti yang sudah saya sampaikan dalam artikel yang lalu). Beberapa aset (model, prefab, sign/rambu, dll.) yang berasal dari peta DLC tersebut sudah bisa digunakan untuk membangun mod peta buatanmu.

Tapi tetap harus memperhatikan hal berikut.

>> Ketika membuat/mengubah model dari yang asli, menambah mod Anda juga semua dari file original/automat/ yang digunakan. Nama-nama file yang dihasilkan dibuat sebagai SHA1 hash dari konten tersebut sehingga setiap kali mengubah parameter material dengan cara apapun, file yang berbeda pun akan digunakan untuk menyimpannya dan file asli mungkin tidak ada apabila tidak ada model lain yang menggunakan parameter asli.

>> Ketika memodifikasi model asli, selalu menyertakan SEMUA komponen dari model (PMG + PMD) bukan hanya mereka yang akan berubah. Jika tidak, mod tersebut berisiko alami crash jika kalian mengubah model.

>> Seperti biasa saat menambahkan objek baru ke file yang mendukung pendekatan multi-file (misalnya road_look.sii) itu sangat DIANJURKAN untuk menggunakan akhiran atau awalan nama untuk menghindari konflik dengan objek baru buatanmu saat menambahkan dalam patch. Jika tidak, Anda mungkin harus menggunakan fungsi batch renaming untuk memperbaiki konflik ketika patch/versi baru muncul.

Cara mengkonversi (memperbarui) mod peta ke versi terbaru.
>> Buka mod peta buatanmu.
>> Perbaiki beberapa error yang muncul (kalau ada).
>> Simpan peta, lalu lakukan rebuild/recompute (F8)
>> Simpan kembali.

Baiklah, langsung saja saya sampaikan perubahan yang ada pada versi 1.26.

Company data.
Sekarang ada definisi baru pada company_data.sii yaitu penambahan atribut “sort_names”. Itu digunakan untuk mengurutkan nama perusahaan (company) yang non ASCII saja.


Climate Profile.
Unit "climate_profile" mengalami beberapa perubahan. Pengaturan lintang sederhana telah diupdate ke sistem proyeksi sepenuhnya yang didefinisikan. Ada atribut baru yaitu "map_projection" (default value "mercator"), di mana kita dapat menentukan proyeksi antara peta dan koordinat global. Atribut "latitude_a" dan "latitude_b" telah berubah menjadi "map_origin" dan "map_factor". Hal ini tidak bernilai mengambang (float) belaka, tetapi vektor dari dua nilai float koordinat (lintang, bujur). Fungsinya mirip dengan atribut lintang sebelumnya tapi menggunakan bujur selain seperti yang diperlukan untuk beberapa proyeksi: 

[Lintang, bujur] = proyeksi (map_origin + map_factor * [map_z, map_x]) 

Selain atribut "standard_paralel_1" dan "standard_paralel_2" telah ditambahkan untuk proyeksi "lambert_conic" saat ini digunakan pada ATS versi terbaru. Semuanya dalam derajat.

Catatan: Jika Anda ingin menggunakan mod peta lama menggunakan proyeksi mercator. Lalu bujur tidak dipertimbangkan sama sekali sehingga Anda dapat menggunakan nilai apapun (dengan lebih non-faktor nol)

Truck Interior Data.
Unit "accessory_interior_data" memiliki animasi baru, yaitu "general_air_press_anim" dan "trailer_air_press_anim" baik dengan masing-masing "_min" ataupun "_max". Ini adalah alat pengukur tekanan udara tambahan yang saat ini digunakan pada truk Peterbilt 389 di game ATS. Unit "accessory_interior_data" memiliki atribut baru "air_brake_safeguard" (default false atau 0). Itu membuat rem parkir knob pneumatik (seperti di truk ATS) dan akan secara fisik ditendang keluar di udara rendah. Jadi sopir harus mendorongnya lagi untuk drive (ini bukan saklar elektronik yang digunakan dalam truk EU).

Itu saja beberapa tips yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas mohon ditanyakan. Suatu saat setiap update/patch baru dari game ini telah dirilis, maka ada tips baru seperti ini lagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya bagi para modder/mapper ETS2 yang sedang berkarya. Terima kasih.

MODDING GUIDES (TIPS MODDING) ETS2 UNTUK VERSI 1.26 KE ATAS (LENGKAP BAHASA INDONESIA) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar