MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 (PART 2) TERBARU.
Dibuat pada versi : 1.26 Diubah pada : Desember 2016.
Pada post kali ini saya akan membagikan beberapa tips mengenai item dan menu yang ada di map editor pada game Euro Truck Simulator 2. Mungkin kelihatannya cukup sulit, bingung, dan terlihat ruwet dan njlimet. Tapi disini saya akan menjelaskannya satu per satu. Semoga para pembaca bisa memahami semua isi teks ini.
Memang sejak versi 1.17 keatas map editornya sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari jendela propetiesnya, ikon atau menu yang tersedia, shortcut keynya juga turut berubah, begitu pula dengan penentuan rambu kecepatan, city proprties, dan lain-lain. Ketika di versi 1.18 ada sedikit masalah di jendela road propeties. Beranjak ke versi 1.19 jendela map editornya berubah total dan disendirikan dengan munculnya ikon menu dan itemnya di bagian atas, tetapi jendela road propetiesnya masih terlihat kacau. Hingga di versi 1.20 jendela propetiesnya juga mengalami perubahan khusunnya perubahan terkait setting vegetasi atau tetumbuhan dan perubahan waktu yang tidak menggunakan satuan waktu melainkan menggunakan sudut elevasi, jendela road propetiesnya juga kembali diatur tapi masih ada masalah lain yang menghalanginya. Pada versi 1.22 tidak mengalami banyak perubahan namun setting vegetasi kembali diubah termasuk deskripsi itu sendiri, jadi itu sangat mengganggu meskipun sudah diberikan tips perbaikannya.
Pada versi 1.23 sudah ditambahkan item baru serta terrain propertiesnya sudah terpisah sendiri dari road properties. Pada versi 1.24 sudah muncul kotak tersendiri pada item properties bernama Additional Parts yang fungsinya menambah bagian tertentu pada item (model, prefab, jalan, dll.) tapi masih belum digunakan. Pada versi 1.25 ada terrain picker yang fungsinya memilih jenis terrain (tanah) langsung dari terrain itu sendiri (anggap saja seperti colour picker di photoshop, paint, corel draw atau aplikasi grafis lainnya). Dan yang terbaru pada versi 1.26 sudah muncul berbagai aset baru seperti gedung, pohon, jalan, pagar, dan masih banyak lagi (tentunya dengan rilisnya peta DLC baru “Vive la France”, dan hampir seluruh wilayah di Prancis sudah dibangun ulang, serta ada perubahan opsi (setting) pada item tertentu. Semoga di versi berikutnya bisa terus berkembang tanpa ada permasalahan sama sekali.
Setting map editornya yang banyak berubah diperparah dengan banyaknya ikon berupa titik-titik berwarna yang membingungkan ditambah lagi perubahan item menu dan item propetiesnya. Wow, memang cukup menyulitkan. Tapi kalau memang teliti dan ulet serta selalu berusaha maksimal, semua kesulitan hilang seketika. Dan kebetulan map editor kali ini dipermudah oleh ikon bergambar dan mudah dikenali dan dipahami orang lain. Mungkin ada yang sudah terbiasa dengan bentuk semacam ini, tapi kalau memang masih belum bisa silahkan dicoba sedikit demi sedikit.
Berikut saya jelaskan fungsi dari menu berikut.
Menu Map.
New Map : membuat peta baru
Open Map : membuka peta yang sebelumya telah dibuat
Save Map : menyimpan peta
Export : mengekspor peta ke format tertentu
Import : mengimpor (mengambil) peta dari format tertentu
Run Map : mengetes/memulai peta yang telah dibuat
Menu Edit Mode.
New item : membuat/menambah item baru
Move Item : Memindahkan/mengatur item/model
Delete : Menghapus model/item
Item propeties : mengubah pengaturan suatu model/item
Node Propeties : mengubah pengaturan posisi dari suatu titik pada model/item, juga mengatur batas country/negara
Place start : menentukan titik awal saat peta akan dites lewat run map.
Height : mengatur ketinggian item/model
Rotate X : memutar model pada sumbu x
Rotate Y : memutar model pada sumbu y (menyamping)
Rotate Z : memutar model/objek di sumbu Z
Brush : menambah tekstur suatu objek tanah atau air.
Ruler : Mengukur jarak suatu bidang layaknya penggaris.
Ruler : Mengukur jarak suatu bidang layaknya penggaris.
Menu Snap.
Snap to nodes: mengatur gerakan atau sambungan suatu titik pada model
Snap to nodes: mengatur gerakan atau sambungan suatu titik pada model
Snap to vertices : mengatur gerakan atau sambungan pada titik puncak suatu model.
Snap to grid : mengatur gerakan atau sambungan antar grid suatu model.
Snap to ground : mengatur gerakan atau sambungan pada tanah (ground) suatu model (bermakna drop to ground atau model otomatis langsung menempel pada bidang tanah)
Menu Camera.
World Camera : Menampilkan view dengan satu arah
Free Camera : menampilkan view keseluruhan dengan segala arah dan bebas bergerak kemana saja
Menu Tools.
Weather : mengatur cuaca dan posisi peta
Content Browser : menampilkan deskripsi item/model
Search/Find : mencari titik point, kota, atau posisi dengan mudah
Menu Item Type
Fungsinya mengatur jenis benda atau aset yang akan ditambahkan. Hal tersebut yaitu:
Terrain = model daratan/tanah lapang (sudah terpisah dari road)
Terrain = model daratan/tanah lapang (sudah terpisah dari road)
Road = model jalan raya,
Prefab = rakitan(persimpangan, bangunan, hotel, pabrik, terminal, dll.),
Building = model yang dapat memanjang (pagar tembok, dll.),
Model = model bangunan atau benda,
Sign = model rambu lalu lintas, navigasi jalan, model detail lainnya (lampu, benda kecil, dll.),
Animated model = model bergerak,
Walker = model pedestrian (pejalan kaki),
Trigger = perintah otomatis (tempat istirahat, bayar tol otomatis, dll.),
Cut plane = penghalang visual (pandangan),
Mover = model bergerak dan dapat berpindah,
City = kota,
No weather area = tanpa gangguan cuaca (pada terowongan atau di bawah jalan layang),
Hinge = model khusus,
Map overlay = lambang atau kode jalan yang muncul di peta,
Sound = suara,
Ferry = titik akses perhubungan antar wilayah (dengan kapal laut atau terowongan kereta api),
Camera point = titik kamera yang ditayangkan pada kota saat memulai permainan baru,
Traffic area = pengaturan jenis lalu lintas,
Bezier patch = model terrain (tanah lapang) dengan bentuk berbeda.
Menu grid.
Fungsinya menagtur grid/garis atau jaringan pada peta. Dimulai dari 1 cm sampai maksimal 500 cm (kalau ada yang kurang tolong ditambahkan di kolom komentar di bawah).
Menu Gizmo.
Suatu alat bantu yang berfungsi mengatur posisi model dalam bentuk semacam koordinat x, y, atau z. Pilihan jenisnya bisa dalam bentuk Global, Local, atau View (kalau ada yang kurang tolong ditambahkan di kolom komentar di bawah).
Berikut saya sertakan Item Properties dari beberapa Item Type berikut.
Bezier Patch Properties |
Brush Properties |
Building item properties |
City Properties |
Ferry Properties |
Model Properties |
Mover Properties |
Node Properties |
Prefab properties |
Road Properties |
Sign Properties |
Terrain Properties |
Camera point properties |
Traffic area properties |
Trigger properties |
Untuk key shortcut yang bisa digunakan pada Map Editor berikut saya berikan.
0 komentar:
Posting Komentar