Sabtu, 06 Februari 2016

MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 TERBARU (PART 1)

MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 (PART 1) TERBARU.


Versi terakhir : 1.26.x Diubah pada : Desember 2016.


Tampilan Map Editor ETS2 versi 1.26


Map Editor ETS2

Euro Truck Simulator 2 atau disingkat ETS2 merupakan salah satu game atau permainan simulasi truk yang dibuat oleh tim SCS. Permainan ini terbawa ke dunia kerja dalam jasa pengiriman barang. Pemainnya adalah seorang supir truk yang memulai usaha jasa pengiriman barang dengan modal awal € 2.000 (Dua ribu Euro) dan satu garasi kecilnya, bekerja mengangkut barang ke berbagai kota lalu mendapatkan uang dan kemampuan (skill) meningkat. Hal itu terus berulang hingga menjadi kaya dan mempunyai banyak garasi dan truk. Banyaknya pendapatan dari hasil pengiriman barang tersebut tergantung pada jenis barang yang diangkut, jauh dekatnya kota tujuan yang akan dikirim, kemampuan yang dimiliki dan cara mengendarai truk. Bila barang yang diangkut (trailer atau kargo) ada yang mengalami kerusakan atau datang terlambat pasti pendapatanmu berkurang. Begitu pula dengan menabrak kendaraan lain, atau melewati batas kecepatan yang ditentukan. Supaya bisa menjadi supir yang kaya raya dan terampil harus bisa mengatur strategi atau perencanaan yang baik, dan tentunya tertib berlalu lintas dan berkonsentrasi menjaga barang yang diangkut agar tidak rusak.

Karena namanya Euro Truck Simulator maka permainan ini pastinya merupakan game simulasi truk di beberapa negara di Eropa. Permainan ini menampilkan benua Eropa yang eksotis dan memanjakan mata. Ada tiga daerah yang bisa dijelajahi. Yang pertama saya sebut base map (peta dasar), yaitu Inggris, Belanda, Jerman, Belgia, Prancis, Luksemburg, Swiss, Rep. Ceko, Austria, dan sebagian Italia, Polandia, dan Slowakia. Selain itu ada tiga peta DLC, yaitu DLC Going East yang terdiri dari sebagian lain Polandia, Slowakia, dan Hungaria, DLC North (Scandinavia), terdiri dari Denmark, Norwegia, dan Swedia, hingga DLC Vive la France yang hanya khusus negara Prancis (karena negaranya sendiri luasnya lebih besar). Kemungkinan dari keempat bagian peta Eropa ini masih akan bertambah peta DLC lainnya. Masing-masing bagian peta memiliki ciri khas tersendiri dan disesuaikan layaknya Eropa di dunia nyata. Semua itu seakan-akan seperti jalan-jalan keliling benua Eropa. DLC Scandinavia memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dengan model bangunan, jalan, terowongan, jembatan, pelabuhan, dan nama perusahaan yang semuanya serba baru. Dan yang paling baru DLC France juga sama cantiknya dengan Scandinavia tetapi peta ini serasa seperti sedang jalan-jalan ke Prancis dengan banyaknya landmark dan kota-kota yang cantik juga terkenal, tentunya ada hutan cantik seperti di Indonesia juga :D

Permainan simulasi ini juga bisa diperbarui setiap versi baru dikeluarkan. Untuk mendownload atau mengupdate permainan ini bisa dilihat di situs resmi ETS2. Selain di atas, permainan ini juga bisa ditambahkan berbagai macam mod yang terkait dengan permainan tersebut. Seperti modifikasi truk, model bangunan, jembatan, waktu, cuaca, kargo, mesin, dan petanya pun ada modifikasinya. Beberapa situs di internet pun menyediakan berbagai macam mod ETS2 yang kita inginkan. Tapi dengan catatan mod tersebut harus sesuai dengan versi yang dimiliki game ETS2-mu. Jadi kalau misalnya mod yang kamu dapat kompatibel di versi 1.19, maka game ETS2 pun harus di versi 1.19 juga, jangan sampai di bawahnya. Selain itu carilah mod yang sekiranya tidak menimbulkan error, bug, atau hal lain yang menyebabkan terjadinya crash supaya mod bisa berjalan lancar dan lebih realistis.

Ada program aplikasi yang bisa dipakai untuk memodifikasi peta ETS2. Namanya map editor, yang merupakan aplikasi tambahan langsung dari game Euro Truck Simulator 2. Mungkin sebagian besar orang banyak yang tau tentang hal ini. Tetapi semakin baru versi game ini, semakin berubah pula fitur yang dimiliki map editor. Sejak diluncurkannya DLC Scandinavia atau lebih tepatnya di versi 1.17, map editor ini telah banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan, hingga di versi 1.19 window-nya map editor ETS2 juga ikon-ikonnya serta key shortcut sudah banyak berubah. Di versi 1.20 juga sudah kembali berubah termasuk item propetiesnya. Di versi 1.22 deskripsi vegetasi juga sudah mulai disederhanakan dan menyesuaikan dengan perubahan lainnya. Pada versi 1.23 sudah ditambahkan beberapa menu, icon, dan perintah baru, menyesuaikan dengan map editor dari game sekuelnya ATS. Terrain properties sudah terpisah dari road propeties. Sementara di versi 1.24 ada kotak additional part di beberapa item properties dan sudah ada menu look pada building properties. Versi 1.25 ada terrain picker yang fungsinya memilih warna terrain langsung dari terrain itu sendiri (mirip seperti colour picker di photoshop atau corel draw). Hingga versi 1.26 ada perubahan setting pada item properties tertentu dan beberapa definisi ada yang berubah, termasuk aset/model baru seperti gedung, rumah, pagar, mobil, jalan, pohon dan masih banyak lagi, tentunya karena telah rilis peta DLC terbaru “Vive la France”.

Meskipun juga ada bugs-nya karena adanya perubahan besar tersebut, tapi di versi berikutnya tentunya akan segera diperbaiki. Di situs resminya ETS2 juga sudah diberikan pemberitahuan mengenai daftar pergantiannya, cara mengedit, mengupdate versi peta modifikasi, atau perubahan yang terjadi di map editor pun juga dijelaskan secara rinci. Karena pemberitahuannya dalam bentuk bahasa inggris, maka disini saya permudah pemahamanmu tentang map editor ETS2 dalam bahasa Indonesia. Beruntung tim pembuat permainan ini sedang baik hati hingga bisa beritahu segala hal tentang memodifikasi map ETS2. Kalau tidak, saya tidak mungkin menulis artikel ini.

Sebelum membuat peta baru ETS2 tentunya harus ada persiapan. Baik dari dalam game itu sendiri ataupun tambahan dari luar. Cek terlebih dahulu versi apa yang akan digunakan dalam pembuatan peta atau map baru. Karena beda versi dari game maka berbeda pula bentuk dan tatacara penggunaan map editornya. Disini saya menggunakan ETS2 versi 1.26 (sudah update ke versi terbaru tetapi caranya hampir sama), dan kalau belum punya silahkan download atau lebih baik beli di situs resmi atau yang lain yang terpercaya (misalnya Steam), atau apabila sudah memilikinya tinggal update versi terbarunya.

Setting Ulang ETS2

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengkonfigurasi gamenya, tapi tidak secara keseluruhan. Tujuannya supaya map editor bisa dibuka. Caranya sebagai berikut.
1. Cari lokasi file dari game ETS2. Biasanya diletakkan di file C:\Program Files\Euro Truck Simulator 2. Kalau ada ikon ETS2-nya di dekstop klik kanan mouse dan pilih Open file location agar lebih mudah mencarinya.
2. Bila perlu, di file Euro Truck Simulator 2\bin\win_86x klik kanan file eurotruck2, pilih run as administrator.
3. Buat folder baru. Dan ketik “base” tanpa tanda kutip. Setelah itu buka folder tersebut.
4. Buat folder lagi lalu ketik “map” tanpa tanda kutip. Semuanya ditulis dalam huruf kecil.
5. Buka file Document\Euro Truck Simulator 2. Lalu buka config.cfg. menggunakan notepad
6. Carilah kata dibawah ini kemudian ganti sesuai yang dibawah ini.
          uset g_developer “0” >> menjadi >> uset g_developer “1”
          uset g_console “0” >> menjadi >> uset g_console “1”
7. Simpan file. Lalu keluarlah.

Mengekstrak file scs ETS2

Sebenarnya map editor sudah bisa dibuka, tetapi masih tidak bisa menambah kota baru atau negara baru dengan nama sendiri, atau menambah perusahaan yang akan dimiliki di kota barumu itu. Jadi perlu file khusus untuk itu. Dan semua itu ada di file berformat scs di dalam folder ETS2. File tersebut hanya bisa diekstrak dengan program tersendiri namanya scs extractor. Untuk mendapatkannya bisa dicari di situs resminya dengan cara berikut.
1. Buka situs resmi ETS2 di www.eurotrucksimulator2.com
2. Cari lalu pilih modding di bagian paling bawah situs tersebut
3. Klik lalu download scs extractor.
4. Setelah mendapatkan programnya pindahkan ke folder ETS2 tadi.
Dengan program tersebut file scs nya bisa diekstrak, termasuk file base dan def. File def berisi beberapa file sii yang bisa dipakai untuk mengubah atau menambah kota, negara, ferri, perusahaan, bahkan setting lainnya. Sementara file base berisi keseluruhan dari model dan fitur yang disediakan dari game. Karena jumlah kapasitas file base lebih besar maka lebih baik hanya file def saja yang diekstrak. Tapi jika memang ingin mengubah model, file base juga boleh diekstrak. Caranya sebagai berikut.
5. Misalnya kita ingin mengekstrak file def. Pertama buat folder baru. Misalnya saya ingin membuatnya langsung di dekstop.
6. Beri nama di folder itu, misalnya saya buat “scs base” tanpa tanda kutip.
7. Salin (copy) scs extractor dan file def.scs tadi ke folder barumu itu.
8. Klik file def, tahan dan geser ke scs extractor
9. Nantinya akan muncul seperti cmd. Biarkan sampai ia menghilang sendiri.
10. File def sudah terekstrak sempurna. Untuk file base juga dilakukan dengan cara sama seperti itu.

Membuka map editor

Sekarang coba buka map editor. Awalnya sebelum membuka map editor harus menonaktifkan mode fullscreen saat membuka game supaya map editor bisa digunakan dengan baik dan optimal. Namun sejak versi 1.19 map editor sudah bisa dibuka tanpa harus mengatur fullscreennya. Caranya begini.
1. Buka game ETS2.
2. Biasanya setelah itu langsung bisa dibuka dengan klik tanda ( `) atau (~) di bawah tombol Esc pada keyboard. Jika tidak bisa dibuka silahkan cek di Document\Euro truck simulator 2\profile\(kode_profilenya)\config.cfg dengan notepad. Cari teks console dan lihatlah key-nya. Mungkin itulah cara membukanya. Tetapi hanya berfungsi saat setelah membuka profil dalam gamemu itu.
3. langsung muncul teks consolenya di bagian atas. Sekarang coba kita buka peta asli ets2. Caranya ketik “edit europe” dengan huruf kecil tanpa tanda kutip di console tersebut.
4. Tunggu beberapa saat sampai muncul.
5. Menarik, peta asli gamenya sudah terbuka. Setelah itu tekan lagi keyboard yang sebelumnya dipakai untuk membuka console. 
6. Silahkan lihat-lihat.

BERSAMBUNG. Lihat bagian selanjutnya DISINI.....

MAP EDITOR TUTORIAL EURO TRUCK SIMULATOR 2 TERBARU (PART 1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. Mas tolong tambahin rumah ku di map pjse saya sudah ini ke pembuat map

    BalasHapus