Sabtu, 15 Agustus 2015

MISTERI HAL ANEH DAN UNIK DI GRAND THEFT AUTO SAN ANDREAS (GTA SA) LENGKAP TERBARU

Misteri, Hal Aneh dan Keunikannya di Grand Theft Auto San Andreas (GTA SA)

Diperbarui Tanggal 27/02/2016.

Game ini mempunyai kapasitas yang lebih besar yaitu sekitar 5 GB atau mungkin lebih. Ada beberapa misi untuk bisa menamatkan game ini (tapi lama kelamaan saya pun tidak bisa menyelesaikannya jadi mau tak mau harus cari cheat langsung tamat). Setelah itu hanya saya mainkan untuk sekedar jalan – jalan, berwisata, atau bermain sama polisi. Meskipun permainan ini hanya untuk yang berumur kira – kira 17 tahun keatas, tapi saya gak main untuk hal yang aneh aneh.
Baru saya menyadari bahwa di game tersebut ada sekumpulan misteri dan keunikan tersendiri. Hal itu disebabkan karena saat itu saya tidak sengaja melihat sebuah blog yang berisi tentang misteri di GTA SA. Saya pun penasaran terkait misteri tersebut dan akhirnya munculah sebuah kegiatan baru, yaitu menelusuri tempat misteri.
Disini merupakan berbagai misteri yang sudah saya telusuri dan sebelumnya telah membaca dari berbagai sumber situs internet. Ada yang terbukti terjadi maupun tidak. Dan satu hal, huruf N pada peta di pojok bawah pada saat bermain menandakan arah utara. Bagi yang ingin menelusuri misteri ini sebaiknya lakukan secara urut dan teratur supaya tidak capek berputar bolak balik terus. Oke langsung saja ini dia hal yang aneh dan unik tersebut, dan juga sudah saya atur secara urut. SELAMAT MENJELAJAH!


LOS SANTOS & VILLAGES.


gt1

Kota ini merupakan yang terbesar di GTA San Andreas menurut persebaran pemukiman. Kota ini mengadopsi Kota Los Angeles sehingga ada kesamaan baik di permainan maupun di kehidupan nyata. Disini lokasi awal untuk memulai misi. Rumah CJ yang pertama berada di kota ini tepatnya di Ganton. Kota Los Santos merupakan satu satunya kota yang memiliki tempat wisata berupa pantai. Maklum saja jika banyak wanita disekitar pantai yang memakai pakaian renang atau bikkini dan bahkan berkeliaran di sepanjang jalan sekitar pantai. Owallah! Apa gak malu tuh? Bila dibandingkan dengan kehidupan nyata posisi geografisnya sangat berbeda, misalnya jika pantai Santa Maria menghadap ke selatan di kehidupan nyata yang bernama Santa Monica kalau gak salah justru menghadap ke barat. Di kota ini juga terdapat pusat perfilman layaknya Hollywood terbukti dengan tulisan Vinewood di perbukitan yang persis menyerupai tulisan Hollywood di kehidupan nyata. Perlu diketahui bahwa kota ini merupakan pusatnya para geng nakal.
Di luar kota Los Santos adalah kawasan pedesaan yang bernama Red Country. Desa desa yang ada disana ialah Blueberry, Montgomery, Palomino Creek, dan Dillimore. Itulah kenapa saya sebut Los Santos & Villages. Masing-masing desa memiliki ciri tersendiri. Desa yang terluas yaitu Palomino Creek dengan banyaknya rumah disana, namun fasilitasnya tak selengkap dengan desa Dillimore yang letaknya paling tengah meskipun merupakan desa terkecil di daerah itu. Dan Blueberry memiliki sebuah pabrik terbesar dan bisa jadi yang terbesar di GTA San Andreas. Sementara Montgomery memiliki tempat pertaruhan untuk balap kuda kiranya begitu. Mayoritas misteri yang banyak dijelajahi di Los Santos & Villages adalah di kawasan pedesaan itu sendiri. Penasaran? Berikut penjelajahannya!

CJ’s Mom Ghost.
Bagi yang masih belum punya rumah dua atau lebih juga sebelumya tidak tinggal di rumah tersebut,  pasti tinggalnya di Ganton tepatnya yang ada simbol CJ di peta, dan semuanya berawal dari situ. Di dalam rumah itu rupanya ada sebuah misteri yaitu Mom Ghost. Ini adalah hantu ibunya CJ di rumahnya CJ yang pertama di Ganton. Bila ingin melihatnya tentu saja pergi ke dalam rumah tersebut lalu lihatlah dengan kamera. Nantinya ia akan muncul dengan sendirinya entah itu di depan TV maupun di bawah tangga atau juga di dapur. Tetapi kemunculan tersebut jarang terjadi sih. Dan saya sendiri nggak pernah ketemu dengan sosok tersebut.

Rumah Berpintu Garasi.
Setelah dari rumah CJ pertama saatnya keluar rumah. Yang pertama dibahas adalah rumah berpintu garasi. Perumahan yang menyerupai apartemen ini bisa kita tembus dengan cara melompat ke atas garasi. Namun tidak ada apa apa di dalam rumah tersebut. Lokasinya di daerah Idlewood, Los Santos. Untuk sampai kesana bila dari rumah CJ yang pertama di Ganton Anda tinggal lurus ke barat sampai tertabrak. Lalu belok ke kanan. Atau bila dari tempat pengisian bahan bakar (POM Bensin) pergilah lurus ke utara sampai tertabrak juga. Nantinya Anda akan melihat kalau perumahan tersebut banyak yang berpintu garasi.

Secret Place.
Kemungkinan sih hanya bisa terjadi jika ada faktor keberuntungan. Karena sudah pernah mencarinya tetapi belum ketemu. Dari sumber yang ada dikatakan untuk menemukan tempat rahasia tersebut Anda harus pergi ke Gym Los Santos dekat rumah CJ pertama di pojok pertigaan jalan dan dekat dengan rel kereta api. Setelah masuk kedalam cheat jetpack terlebih dahulu (kalau belum punya), lalu carilah sudut ruangan yang gelap, setelah itu terbanglah. Anda akan terkejut karena tanpa sengaja sudah memasuki dunia hitam (maksudnya disekitarnya berwarna hitam), selanjutnya carilah sebuah pintu, bila beruntung masuklah kesana, ada banyak ruangan kosong disana. Tetapi kalau belum beruntung hanya akan terlihat perairan saja. Seperti saya ini.

Liberty City.
Saya sendiri belum bisa memastikan apakah itu memang terbukti. Karena tiba – tiba  saja sudah error ditengah jalan. Salah satu sumber mengatakan untuk menuju kesana hampir sama dengan Secret Place, namun yang berbeda sih ketika sudah menemukan tanda kuning masih turun sedikit lagi, jika sudah lepas Jetpack sebisa mungkin dan sesaat terjatuh kebawah, dan tiba tiba saja sudah berada di suatu ruangan, setelah itu tandai di peta ke daerah sekitar pemakaman, terbang dengan jetpack kesana, jika sudah sampai arahkan pandangan keatas dan dalam sekejap sudah muncul kota Liberty. Atau bila sudah memasuki Black World istilahnya tandai ke pantai di Kota Los Santos, dan pergilah kesana dengan Jetpack. Bagi yang beruntung saya beri selamat deh, nggak seperti saya hampir sampai tujuan sudah error.

SWAT dari Manhunt.
Menurut sumber orang ini adalah salah satu bagian dari kelompok geng The Cerberus dari Manhunt. Lokasinya ada di setiap bar salah satunya di dekat rumah CJ di Ganton. Di dalam bar tersebut cari gambar grafitinya di tembok. Orang ini memakai kacamata red night vision dan pernapasan (breathing) appartus, juga memegang senjata M16 Assault Rifle di tangan kirinya.

Tall Pointing Building in Los Santos.
Kali ini pergilah ke pusat kota Los Santos atau lebih tepatnya Downtown Los Santos. Disana terdapat gedung tertinggi di Los Santos yang letaknya persis disamping jalan tol (tepatnya yang berbentuk silinder atau tabung atau juga lingkaran bagi yang kurang paham). Bila sudah sampai cari sebuah pintu berupa tanda kuning, jika ketemu masuklah. Anda akan langsung berada di puncak menara. Tersedia parasut dan gunakanlah untuk terjun payung.

The man jerking statue (Patung On**i).
Dilihat dari judulnya tidak usah terlalu dipikirkan. Letaknya kalau gak salah di Atrium dekat Tall Pointing Building di Los Santos, tepatnya saat menyelesaikan misi dengan Big Smoke menyerang dan menembak orang geng Rusia lalu melarikan diri dengan motor. Coba lihat sebuah patung di tengah di dalam gedung itu. Patung ini merupakan seorang pria yang asyik bermain dengan kemaluannya (anak-anak tidak usah tau). Dan beberapa patung orang di sekitarnya terlihat seperti mengintip atau shock atau terkejut. Ada-ada saja.

The Cock Stone
Ini bukan patung ayam. Tapi batu yang berbentuk alat yang dimiliki pria itu (anak-anak juga gak usah tau). Letaknya juga disekitar Tall Pointing Building di Los Santos di sekitar bawah jalan tol. Kalau dilihat dari sisi tertentu bentuknya seperti itu. Carilah sendiri.

Ghost Gravity.
Di sebuah pemakaman di daerah Temple, Los Santos terdapat suatu keanehan di pagar sisi utara di samping sebuah bangunan karena terdapat sebuah grafiti bertuliskan “Family for Life GS” (bagi yang tidak bisa membaca) yang hanya muncul mulai sekitar jam 18.00 sampai jam 06.00 dan menghilang sesudahnya.

Spike’s Crypt.
Masih di lokasi yang sama pergilah ke sisi barat ke sebuah bangunan menyerupai Crypt (sebenarnya diartikan gereja bawah tanah tetapi bangunan tersebut bukan di bawah tanah), dan didalamya terdapat sebuah TV, kursi, dan beberapa kotak Pizza. Rupanya ini semua disesuaikan dengan Spike dari Buffy The Vampire Slayer yang memiliki set up serupa dengan aslinya.

Liang Lahat Misterius.
Tentu saja masih di lokasi yang sama berkelilinglah disekitar makam, nantinya akan menemukan sebuah liang lahat. Salah satu sumber menyatakan itu adalah kuburan dari ibunya CJ. Dan Anda tak akan terjatuh ke bawah padahal kelihatannya itu merupakan sebuah lubang.

The Creepy House.
Rumah tersebut terletak di dekat pemakaman Los Santos tepatnya disekitar daerah Vinewood. Untuk sampai kesana pergilah dari pemakaman menuju ke utara, sesampainya di persimpangan dengan jalan besar, belok ke timur. Anda bisa melihatnya secara jelas bentuk rumah tersebut. Dan rumah ini dibuat berdasarkan bangunan aslinya yaitu House of Blues yang merupakan sebuah bar di Los Angeles. Namun rumah yang satu ini sangat aneh, karena rumah ini hampir menyerupai sebuah pabrik karena terdapat corong besar dan tak terlalu tinggi, selain itu lantai bangunan ini terbuat dari kayu dengan warna coklat tua yang sangat mencolok dengan dinding dan atap dari seng serta terlihat tua dan mengerikan padahal lokasinya berada di kawasan bisnis dan perumahan elit Mulholland dan Vinewood. Meskipun terdapat pintu tapi tidak bisa diakses, dan rumah ini tidak ada peran apapun yang ada di game ini (hanya sebagai aksesoris).

Gereja Unik.
Terdapat sebuah gereja di Jefferson, tepatnya dari rumah CJ ke utara dekat rel kereta api. Gereja ini unik karena tidak memiliki jendela pada umumnya, dan yang menjadi ciri khas gereja ini ialah 2 jendela kaca raksasa (kemungkinan) berbentuk segitiga yang terletak di atap bangunan  dengan motif dan corak yang berwarna warni. Di kaca tersebut terdapat tulisan R menandakan huruf R tersebut merupakan pembuat game tersebut yaitu Rockstar North.

Istana Crack.
Lokasinya disekitar East Lost Santos utara Idlewod. Ciri khas bangunan ini adalah bertembok hijau dan di bagian dasar tidak ada jendela, dan jika sudah tamat terdapat lubang besar akibat ditabrak tank saat misi terakhir. Tempat inilah menjadi sebuah misi terakhir di GTA SA dimana Big Smoke mati disana. Meskipun sudah tamat misinya tetapi masih bisa diakses dan banyak yang mengatakan bahwa didalamnya terdapat suara jeritan, dan bahkan penampakan hantu. Serem juga yaa! Sayangnya saya tidak bisa mengakses didalam istana Crack karena game saya yang error sehingga didalamnya sudah hilang dan tidak ada apa apa meskipun terdapat tanda kuning penanda pintu masuk. Jadi tolong telusuri sendiri ya!

Strange Number Phone in Los Santos.
Ini merupakan sebuah nomor misterius yang terpampang di tengah telepon. Lokasinya terdapat di savehouse disebelah utara Madd Dogs Crib. Cara untuk melihatnya dengan melihat menggunakan kamera dan perbesar fokusnya ke telepon tersebut. Nantinya akan terlihat nomor tersebut. Sebaiknya jangan menelpon nomor itu dengan telepon atau hp yang asli!

Rumah Leatherface.
Saya kurang yakin dengan hal ini. Banyak sumber baik dari video youtube maupun situs lainnya mengatakan bahwa rumah tersebut terletak di sebuah gubuk kecil yang asing di North Rock. Tapi saya lihat dari luar tidak ada apa apa

Fisher Lagoon.
Lokasinya terdapat di Palomino Creek. Tempat ini menjadi salah satu tempat misteri di Los Santos karena terdapat banyak mitos yang sangat fenomenal sekali. Disebuah pantai kecil terdapat sebuah kabin sederhana dan bila di malam hari akan muncul cahaya merah tetapi tidak diketahui sumber cahayanya. Disamping itu terdapat sebuah dermaga kecil yang tidak rata dan diujungnya terdapat sebuah kursi roda tua berkarat yang pada bagian rodanya bertuliskan “Skip Hire” seperti yang ada di sebuah tong sampah besar yang tersebar di seluruh San Andreas seperti yang paling dekat yaitu di samping garasi rumah CJ yang pertama di daerah Ganton. Selain itu mitos yang lainnya seperti terdapat monster Lochness, dan bahkan sosok Leatherface yang dikatakan muncul dari ujung dermaga. Namun tempat tersebut juga terdapat sebuah event “Beat The Cock” yang merupakan suatu perlombaan renang dan balap sepeda yang batas finishnya di kota Las Venturas dan diadakan setiap akhir pekan.

The Rusty Wheel Chair.
Seperti yang dikatakan di nomor sembilan kursi roda tua berkarat ini juga merupakan misteri di GTA SA karena hanya kursi itulah yang merupakan satu satunya di GTA San Andreas.
Selain itu kursi tua berkarat ini juga merupakan sumber dari segala mitos di Fisher Lagoon. Sebenarnya hal tersebut dibuat berdasarkan film horor Amerika, The Texas Chainsaw Massacre. Kemungkinan misteri tersebut dapat terungkap bila telah menyelesaikan misi permainan di GTA ini.

Jembatan Rusak.
Di sebelah utara jembatan dekat Fisher Lagoon terdapat sebuah jembatan kayu. Jembatan ini sudah rusak parah dan dibagian tengah jembatah sudah hilang diduga akibat bagian tersebut ambruk. Anda bisa gunakan jembatan tersebut untuk meluncur keatas dengan motor atau bisa disebut Stunt Jump yang unik.

Jalan Pengganggu.
Hee... sebenarnya penamaan ini hanya ngawur alias acak acakan. Kalau ada usul tolong beritahu saya. Tapi ini unik karena di terowongan dekat Fisher Lagoon terdapat sebuah jalan dari kayu yang mengarah ke sebuah bar apalagi jalan tersebut menghalangi jalan aspal dibawahnya. Akibatnya banyak pengendara roda empat yang sampai ngamuk karena gak bisa jalan yang disebabkan oleh jalan penghalang tersebut.

Cabin Catalina.
Saatnya istirahat di kabin! Kabin disini terletak di Fern Ridge, Red Country. Ditempat ini Anda bisa menyimpan permainan yang kamu lakukan di GTA bila sudah hampir tamat. Tapi tempat ini juga sangat angker dan mengerikan pada sore maupun malam hari. Karena pada kabin ini terdapat kulit binatang dan dop roda yang tergantung dari atap atas teras kabinnya. Selain itu juga terdapat tiga kuburan di samping rumah menyiratkan bahwa telah terjadi pembunuhan disini. Namun misteri ini masih belum jelas.

The Biowell.
Lanjut ke Montgomery. Di Montgomery terdapat sebuah sumur tetapi untuk pembuangan limbah beracun. Lokasinya cukup tersembunyi di belakang rumah sakit setempat dan di belakang bank. Dan terdapat tulisan “BIO WASTE” di pagar sekitar sumur tersebut. Sumur ini rupanya merupakan satu satunya sumur yang saya temukan di GTA SA. Menurut salah satu sumber, sosok Samara ada di situ, namun masih belum terbukti secara pasti.

Cahaya Biru Misterius.
Ini merupakan cahaya biru misterius yang sebenarnya tersebar di daerah Red Country, tetapi lebih banyak di Blueberry. Cahaya biru ini menjadi asal usul pemberian nama kota kecil Blueberry. Biasanya terdapat di bawah jembatan, di tebing, di jendela rumah, di dalam bangunan, dan juga di areal pertanian di Blueberry Accres. Cahaya tersebut hanya muncul mulai sore hari dan menghilang pada pagi harinya seperti halnya Ghost Gravity. Banyak yang berpendapat bahwa cahaya tersebut menandakan sosok The Leatherface akan datang.

Locals Only.
Ini merupakan suatu bangunan toko yang ada di Blueberry dan juga ada di Montgomery. Bangunan ini dibuat berdasarkan toko untuk masyarakat lokal dalam acara komedi BBC, dan juga bisa menyoroti rasisme dalam negara “Udik” selatan Amerika. Meskipun toko ini tidak bisa diakses, namun sebenarnya saya sendiri masih belum mengerti apa maksud dari toko tersebut dan kenapa toko tersebut diadakan. Dan di papan nama toko dibawah tulisan Locals Only juga tertulis “We don’t like yur type round here” yang artinya “Kami tidak menyukai tipe anda disekitar sini”.

Daerah The Panopticon.
Daerah ini merupakan sebuah hutan kecil di sebelah barat Blueberry. Disana terdapat tempat pemotongan kayu yang kondisinya angker dan suram. Gubuk gubuk kecil disana pun rusak parah dan didalamnya terdapat bekas darah. Selain itu terdapat bekas pohon yang telah ditebang tetapi dengan bentuk yang aneh, juga terdapat sebuah Vortex di dalam salah satu gubuk di selatan dan mesin gergaji di gubuk yang ada di sisi jalan aspal. Dikatakan ada sosok Leatherface disini tetapi belum terbukti secara pasti. Anda bisa pergi kesana sekaligus berwisata plus plus, maksudnya plus uji nyali gitu.


SAN FIERRO & FOREST.

gt2

 

San Fierro mengadopsi kota San Fransisco dan salah satu buktinya ialah Gant Bridge atau Jembatan Golden Gate dalam kehidupan nyata. Kota ini kelihatannya sudah tertata rapi, bersih, dan enak dipandang. Saya sendiri betah berada di kota ini. Sayangnya keadaan jembatan Gant dengan Golden Gate saat ini sangat berbeda sekali. Jembatan Golden Gate atau saya singkat GG kondisinya lebih parah daripada di game ini, jalanan rusak salah satunya. Terdapat juga wisata pantai yang amat luas sekaligus bisa melihat pemandangan matahari terbenam layaknya pantai Kuta di pulau Bali. Meskipun pantainya merupakan yang terluas di GTA SA, tapi gak ada pengunjung seperti pantai di Los Santos. Kota ini berbukit sehingga wajar saja ada banyak tanjakan maupun turunan. Satu satunya keunikan di kota ini adalah trem, transportasi yang satu ini merupakan satu satunya di GTA SA. Tapi kenapa bisa berjalan sendiri apalagi tidak ada penumpangnya?
Alasan saya menyebut San Fierro & Forest karena di sekitar kota San Fierro adalah Kawasan hutan dan pegunungan. Dan hanya terdapat satu kota kecil saja di area hutan tersebut yaitu Angel Pine. Misteri di kawasan San Fierro dan Forest bisa dibilang yang terbanyak di GTA SA. Nah ini dia liputannya.

Suicidal Pedestrian.
Langsung saja ke misteri berikutnya. Disana terdapat kejadian aneh yang dialami masyarakat tersebut yang mungkin sengaja dibuat oleh pembuat game ini. Lokasinya di Flint Country tepatnya dari jembatan utama di sekitar daerah Richman belok ke selatan. Tepat di tepi laut terdapat seseorang yang sedang memotret sesuatu, dan tak lama kemudian ia berjalan dan tanpa sengaja tercebur ke laut dan akhirnya tenggelam. Namun ajaibnya seseorang yang lainnya tiba tiba saja muncul di tempat yang sama dan juga melakukan hal yang sama. Aneh kan? Tapi kalau Anda tidak sabar dengan kejadian tersebut tembaklah ke arah manapun nantinya orang  tersebut akan lari ketakutan dan juga tercebur ke laut. Uniknya lagi, jika kita menembak mobil yang sedang berjalan sampai mobil itu terbakar atau kita ambil paksa kendaraan yang sedang berlalu lalang di jalan, nantinya orang tersebut akan berlari ketakutan dan tanpa sengaja pula jatuh ke laut. So Amazing!

Tebing Teleportasi.
Di daerah Flint Country tepatnya di tebing disamping jalan yang berkelok dua terdapat suatu kejadian aneh berupa pintu teleportasi. Salah satu sumber mengatakan untuk bisa terjadi hal seperti itu Anda harus menabrak tebing dengan kecepatan tinggi dan langsung tembus ke tebing, nantinya akan langsung ke sebuah kompleks villa atau sejenisnya di dekat tebing tersebut. Saya juga pernah terjadi pengalaman seperti itu tapi karena ketidaksengajaan dan sudah lama terjadi (sebelum mulainya jelajah misteri) jadinya gak sempat ditelusuri. Dan saat setelah saya cari berhari haridan bahkan sampai hampir putus asa, ternyata tanpa diduga sudah saya temukan tebing tersebut, tepatnya yang ada bercak hitam berbentuk mirip seperti pintu gua. Namun saat mencoba menabraknya justru saya terjatuh dan kendaraannya saja yang tertembus. Dan ternyata kalau sudah di posisi yang tepat, bisa langsung tembus dan masuk ke dalam tebing. Lalu setelah beberapa saat langsung berada di daerah mirip villa dekat tebing tersebut. Semoga beruntung!

Daerah Back o’ Beyond.
Lokasinya terdapat di selatan Flint Country. Sama halnya dengan Fisher Lagoon dan The Panopticon daerah ini juga terkenal dengan keangkerannya dan sangat misterius serta suasananya pun lebih mengerikan dari tempat yang lain. Hutan disana masih lebat sehinga kondisinya gelap atau ramang – remang meskipun pada siang hari. Hanya terdapat satu jalur aspal yang tidak terlalu lebar. Dan terdapat banyak jalan tanah yang cukup ekstrim dan terhubung langsung ke Shady Creek. Ada juga ATV, sepeda, dan mobil yang tersebar di daerah ini. Banyak misteri yang ada di daerah ini baik yang telah terbukti keberadaanya maupun tidak terbukti. Saking seremnya, suara mengerikan layaknya Screaming Voice diduga terdengar di hutan ini. Jadi bagi yang penasaran boleh mencoba kesana plus uji nyali.

Ghost Car.
Hal ini merupakan salah satu misteri di Daerah Back o’ Beyond. Yaitu mobil tua dalam kondisi rusak dan tersebar di beberapa titik di daerah yang sudah disebutkan diatas. Tetapi mobil ini sangat ajaib karena meskipun rusak parah tetapi malah tidak bisa diperbaiki di tempat perbaikan kendaraan dan justru masih bisa berjalan jika berkendara dengan mobil ini. Yang mencengangkan terletak di salah satu titik dekat tanjakan pertama sisi timur. Setelah melihat ke utara Anda akan terkejut melihat sebuah mobil yang bisa berjalan sendiri dan berhenti di sebuah ujung tebing yang berbentuk tapal kuda (mungkin karena medan yang miring). Rupanya ghostcar tersebut bukan hanya di Back o’ Beyond saja, tetapi juga ada di Shaddy Creeks tepatnya di tepi sungai, dan di wilayah gurun seperti di daaerah sekitar Lil Probe Inn, dan juga di sekitar Tierra Robada. Sayangnya hanya Ghostcar di Baack o’ Beyond saja yang bisa jalan sendiri, sementara yang lain hanya diam bersembunyi.

Sungai Mati.
Masih di Back o’ Beyond terdapat sungai kecil yang sangat unik. Sungai ini dibatasi dengan bebatuan yang menyerupai bendungan. Di sisi barat bebatuan merupakan danau yang berwarna coklat dan ketinggian permukaan airnya cukup tinggi. Sementara di sisi timur berwarna biru dan langsung bermuara ke laut serta ketinggian permukaan airnya lebih rendah.

Danau Pembatas.
Hee.... sebenarnya saya gak pintar dalam menamai suatu kejadian aneh. Tapi alasan saya sebut demikian karena danau ini memang aneh. Pernah terjadi ketika aku bermain main bersama polisi. Saya sempat berlindung di bebatuan ditengah danau dan mobil polisi pun justru kecebur di tengah danau dan akhirnya tenggelam bersama polisinya juga. Setelah mobil tersebut benar benar tenggelam, kelihatannya mobil itu memang sudah menghilang. Tetapi jika menyelam kesana rupanya masih ada bangkai mobil tersebut, padahal bila dilihat dari atas permukaan air mobilnya tidak kelihatan. Anda bisa menyimpulkannya sendiri. Tetapi kalau dipikir pikir sebenarnya gak aneh juga. Memang kenyataannya kalau di air yang kotor atau keruh tidak bisa melihat bagian dasarnya termasuk tidak bisa melihat ikan di dalam air tersebut. Namun saya masih bertanya tanya. Kenapa air didanau tersebut berwarna coklat? Dan jika memang airnya keruh atau kotor, bagaimana hal itu terjadi? Jadi silahkan ditelusuri ya! 

Pohon Mengambanng.
Saya pun baru menyadari kalau ternyata di Back o’ Beyond juga terdapat pohon yang aneh.  Seperti pepohonan miring yang bisa ditemukan di samping jalan besar dan bila dilihat dari kejauhan bisa terlihat pepohonan miring tersebut. Serta pohon mengambang yang terletak di selatan jalan aspal kecil, meskipun bila dilihat dari jauh memang terlihat menyatu tetapi bila dilihat dari dekat pohon itu benar benar mengambang. Alasan kejadian ini masih tidak diketahui secara pasti.

Jejak Kaki Bigfoot di Peta.
Masih di lokasi yang sama namun yang satu ini hanya ada di peta. Bukalah peta (map) lalu sorotlah ke Back o’ Beyond. Bagi yang kurang teliti gambar ini hanya biasa biasa saja. Tapi bagi yang teliti Anda akan terkejut bahwa bentuk permukaan dari daerah ini membentuk sebuah jejak kaki dan supaya lebih jelas printscreenlah (PrtSc) gambar itu lalu paste di Paint atau aplikasi grafis lainnya. Setelah itu buat garis hingga menyerupai jejak kaki. Menurut sumber yang ada, yang ditandai tersebut merupakan tempat munculnya Bigfoot! Saya sudah mencari kesana namun hanya menemukan 2 sepeda saja.

Angel Rock.
Yang satu ini mudah sekali ditemukan dan masih tetap di lokasi yang sama. Posisinya berada didekat pertigaan ke selatan sedikit dan lihat sebuah batu di timur jalan aspal. Rupanya batu ini terdapat sebuah bercak hitam yang bentuknya menyerupai malaikat atau burung elang.

Shaddy Creeks.
Selesai jelajah di Back o’ Beyond yang sangat suram dan mengerikan. Kini kita ke Shaddy Creeks yang juga terkenal keanehannya. Meskipun tidak terlalu suram bagi saya dan jalanan tanah yang luas serta cukup landai, tetapi banyak sumber yang mengatakan bahwa beberapa monster muncul disini seperti The Leatherface dan Bigfoot dan kebanyakan berada di samping anak sungai kecil yang terdapat sebuah kabin yang bernama Shady Cabin. Tetapi saya sendiri tidak menemukan apapun disana meskipun sudah bersama polisi. Hee...hee... Jadi kalau menemukan monster seperti itu beritahu saya!

Pohon diatas batu.
Jika Anda dari Shady Cabin ke selatan menuju Angel Pine. Anda akan melihat sebuah pohon yang cukup tinggi. Yang aneh disini adalah pohon pohon tersebut bisa tumbuh diatas batu besar. Kok bisa ya? Mana mungkin ada hal seperti itu di kehidupan nyata? Pasti sengaja dibuat oleh si pembuatnya.

Peta GTA Vice City di San Andreas.
Sudah selesai jalan jalan ke hutan. Kini kita pergi beristirahat ke Angel Pine yang merupakan satu satunya kota kecil di Area San Fierro. Fasilitas umum di kota kecil ini cukup lengkap. Sebelum ke gunung Chilliad, ada baiknya Anda jalan jalan terlebih dahulu. Coba carilah 3 tempat sampah besi yang kecil dan berjajar disamping jalan. Bila sudah lihatlah isi dari tempat sampah tersebut, ternyata isinya adalah kumpulan peta GTA Vice City. Sayangnya gak bisa diambil dan tempat sampat tersebut mudah jatuh dan bisa dipindahkan ke tempat lain dengan cara menabraknya atau menendangnya gitu.

Gunung Chilliad.
Sudah selesai istirahat saatnya lanjut ke Gunung Chilliad. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di GTA San Andreas. Gunung itu terlihat berbatu tapi ada beberapa pohon yang tumbuh di lereng gunung. Di lereng gunung sisi barat dan timur pada bagian kaki gunung terdapat pepohonan yang lebat dan didalamnya tepatnya di lereng sisi barat terdapat sebuah kabin yang terkenal misterius. Juga terdapat sebuah track motor yang paling ekstrem. Di puncak gunung terdapat sebuah sepeda gunung yang bila menaikinya akan langsung muncul event balap sepeda yang berakhir di dasar gunung dimulai pukul 07:00 sampai 18:00, serta terdapat sebuah parasut, dan 2 mobil. Anda juga bisa lihat pemandangan dari atas di tempat yang berlantai kayu dan terdapat sebuah bendera AS dan sebuah prasasti yang tidak bisa dibaca. Dari tempat itulah anda bisa mencoba terjun kebawah dengan parasut. Sebelum menjelajah misteri, saya sering pergi ke gunung ini untuk menikmati ketenangan dan melihat keindahan yang merona dari atas gunung. Namun dibalik eksotisnya gunung ini rupanya memiliki kesan kesan mistis dan misterius baik di kaki gunung maupun di puncak gunung. Dikatakan pula bahwa monster seperti Yeti dan Piggsy berada disitu. Jadi mari kita jelajah bersama!

Live Mud
Dikatakan bahwa di sekitar Gunung Chilliad terdapat sebuah lumpur hidup yang bila masuk ke dalam situ akan terhisap sampai tenggelam. Tetapi saya sudah cari lumpur itu tetapi belum ketemu, juga sudah saya lihat dari peta  GTA SA versi 2011 (pohon dan batu pun terlihat dengan jelas) tetapi belum juga terlihat lubang kecil itu padahal lubang Bodybags saja bisa terlihat dari peta tersebut. Mohon bantuannya yaa untuk mencari lumpur hidup tersebut!

Jembatan Batu.
Di gunung ini ada ada tiga jalan pintas untuk menuju ke puncak gunung. Seperti salah satunya dari kaki gunung langsung ke jalan kecil yang hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Disepanjang perjalanan Anda sempat melintasi sebuah jembatan yang terbuat langsung dari batu. Maksudnya memang kelihatannya tampak seperti lubang atau yaa kalau dilihat dari bawah terlihat seperti jembatan, duh.. susah menjelaskannya! Tapi ada ada aja ya jembatan langsung dari batu, apa memang cari batu yang berukuran kotak lalu dibuat jembatan atau memang dilubangi bawahnya sehingga menyerupai jembatan?

Abandoned Track.
Sudah dijelaskan pada nomor 11 bahwa track disini yang paling ekstrem di GTA SA dan mungkin juga merupakan satu satunya track yang ada di game tersebut. Track tersebut berawal dari sebuah kelokan jalan tanah  dan berakhir di tebing. Yang aneh disini adalah terdapat jejak kaki Bigfoot di sepanjang jalan tanah tersebut dan bahkan di rerumputan diatas Track tersebut. Selain itu jalan yang sempit dan kecil dan peluncuran yang tinggi menjadi alasan keeksteriman track tersebut. Mungkin Anda bisa mencoba aldrenalin di tempat tersebut. Kalau saya sih susah mencobanya bahkan berkali kali.

Screaming Voice.
Menurut berbagai sumber dikatakan bahwa disekitar Abandoned Track terdapat suara mengerikan, tetapi tidak disebutkan rupa dari suara tersebut. Saya pun masih bertanya tanya, apakah itu suara orang yang terjatuh, suara hantu, atau suara burung? Awalnya saya penasaran dengan suara mengerikan tersebut, tapi perasaan saya justru mendengar suara angin yang bunyinya hampir menyerupai suara seruling. Padahal banyak sumber menyatakan suara mengerikan tersebut murni dari GTA SA, bukanlah Mod. Tetapi ada cara iseng untuk menghasilkan suara mengerikan itu. Caranya naik sepeda yang ada di puncak gunung, kan langsung ada event balap sepeda (kalau sudah waktunya) lagipula disekitarnya sudah ada banyak orang, jika sudah mulai balapan Anda turun saja dari sepeda dan tunggu sampai semua orang mulai berjalan karena waktu untuk menaiki sepeda sudah habis, setelah itu tembaklah sebanyak banyaknya sampai orang tersebut berlarian dan ikuti mereka, jika sudah sampai ke tebing ada beberapa orang yang berjatuhan dari tebing tersebut dan disaat itu juga orang tersebut berteriak keras, sehingga akhirnya jadilah Screaming Voice. Hee..he...licik juga yaa!

Floating Stone.
Salah satu sumber mengatakan terdapat sebuah batu yang bisa menempel di atas tebing yang curam seperti melayang. Salah satunya saya temukan agak jauh keatas dari Abandoned Track. Dipuncak gunung juga ada tapi batunya lebih besar, dan sebaiknya Anda juga harus teliti karena kelihatannya batu di puncak gunung ini memang berupa batu raksasa biasa.

Black Dots.
Saya sendiri agak kurang mengerti karena di sepanjang lereng gunung Chilliad terdapat cahaya atau bintik hitam. Beberapa sumber mengatakan bahwa itu mengira adanya UFO dan monster Mathmon kurang lebih begitu.

Ghost Plane.
Anda pasti sering melihat pesawat yang melintas di sekitar pedesaan atau di hutan atau pula di gurun, iya kan? Namun kalau ingin melihat keanehan pesawat tersebut, datang saja di lereng dekat puncak suatu gunung atau di tebing ataupun bukit misalnya di gunung Chilliad. Hal tersebut pernah terjadi ketika sedang menuju ke puncak gunung, dan tiba tiba saja pesawat datang dan langsung menabrak tebing lalu turun secara perlahan dan meledak. Saya langsung melihat ke pesawat tersebut dan tiba tiba terkejut bahwa seseorang yang mengendarai pesawat tersebut tidak ada di lokasi juga tidak ada bekas darah disekitar situ. Aneh kan? Adegan tersebut juga pernah saya lihat di pucak gunung ataupun di Abandoned Track dan bahkan di The Big Ear. Ini semua benar benar yakin 100%. 

Lampu Lalu Lintas Unik.
Jika sudah selesai ke gunung Chilliad, kini saatnya pulang ke kota San Fierro. Belum sampai ke kota tersebut ada hal yang unik. Lokasinya didekat gunung Chilliad pula tepatnya di pertigaan yang ada lampu lalu lintasnya (orang bilang lampu merah) dari arah Flint Country tetapi bukan di dalam kota seperti Angel Pine. Yang menyebabkan ini semua menjadi unik adalah bila waktunya lampu hijau justru kendaraan masih berhenti dan jika lampu merah baru sekitar 5 detik saja kendaraan itupun jalan. Entah apakah memang real dari game tersebut atau game punya saya yang error?

Floating Stone in Missionary Hill.
Tak hanya di gunung Chilliad saja, ternyata secara tak sengaja saya temukan di pinggir jalan di lereng bukit Missionary. Bentuknya menyerupai berlian dan lebih fenomenal daripada di gunung Chilliad karena langsung mengambang diatas batu. Tapi kenapa pengendara lain tidak mengetahui hal ini? Yang jelas fenomena ini paling mencengangkan di San Fierro.

Strange Number Phone in San Fierro.
Rupanya sebuah nomor telepon misterius juga ditemukan di savehouse didekat Downtown San Fierro tepatnya di Calton Heighs. Seperti yang dijelaskan sebelum belumnya, cara untuk melihatnya adalah lihat menggunakan kamera dan perbesar fokusnya ke telepon tersebut. Nantinya akan terlihat nomor tersebut. Lalu kalau di Las Venturas yang mana? Tolong bantu saya ya!

Kelokan unik di San Fierro.
Ini merupakan sebuah jalan kecil yang tidak beraspal dan memiliki kelokan yang berbentuk zigzag. Jalan ini menurut saya disesuaikan dengan jalan aslinya di San Fransisco. Lokasinya persis didepan savehouse saat saya menemukan nomor telepon misterius itu tepatnya di Calton Heighs. Karena sempitnya jalan tersebut tak ada satupun kendaraan lain yang melintas di jalan ini.

Tall Pointing Building in San Fierro.
Setelah sampai di bawah jalan kelokan unik tersebut lurus sedikit dan Anda akan melihat gedung tertinggi di San Fierro yang berbentuk limas segiempat (segitiga bagi yang kurang paham). Di sisi selatan gedung bila dilihat dari tanda N (utara), ada sebuah pintu masuk meskipun tidak terdapat tanda masuknya (yang berwarna kuning itu). Langsung masuk saja dan dalam sekejap Anda langsung berada di puncak gedung yang begitu sempit, juga terdapat sebuah parasut di sana. Jika ingin turun gunnakan saja parasut. Disetiap gedung disekitarnya terdapat tanda beberapa humoris. Dan satu hal, kalau di Los Santos juga ada gedung tertinggi dan bisa pergi ke puncaknya, lalu gedung apa yang tertinggi di Las Venturas? Apakah juga sama seperti halnya dengan yang dijelaskan disini?.

Gedung Zombotech.
Lokasinya di Downtown, San Fierro tepatnya disisi selatan dekat reruntuhan jembatan. Masuk saja ke dalam dan Anda pasti akan mengingat film atau game Resident Evil. Terdapat sebuah patung heliks dan bila ingin memotret disediakan pula kamera di dalam sini. Sayang tidak ada akses menuju dalam ruangan.

Reruntuhan Jembatan.
Letaknya persis di samping jalan tol menuju Jembatan ke Tierra Robada atau tepatnya di Easter Basin. Menurut saya sih penyebabnya adalah gempa bumi yang sebelumnya melanda kota ini.

Gedung Tembus.
Kini beralih ke Garcia ataupun Kings (mungkin perbatasannya). Disini terdapat sebuah gedung berwarna putih dengan atap yang unik. Tetapi juga bisa ditembus. Caranya terbang menggunakan jetpack ke atap kedua dari yang teratas. Tembus kan! Bila kebawah terus langsung ke Black World.

Kaset GTA Vice City.
Tepat disebelah gedung tembus tetapi dipertokoan depan taman di Garcia terdapat sebuah toko Zero RC Shop. Toko itu bisa diakses, jadi masuklah kedalam. Didalmnya terdapat banyak mainan atau kaset yang dijual disini. Salah satunya kaset GTA Vice City. Sayang tidak bisa dibeli.

RIP Oposition.
Masih di Garcia tetapi beralih ke pertokoan sisi barat. Carilah sebuah tempat pemakaman tepatnya di War Memorial, jika sudah masuklah. Didalamnya terdapat banyak batu nisan yang bertuliskan “RIP Oposition 1997 – 2004”. Saya kurang ngerti maksud dari hal tersebut dan mungkin ada kaitannya dengan perusahaan game saingan.

Bagasi Michele.
Kembali lagi ke utara tepatnya di Downtown sisi utara dekat tepi laut terdapat sebuah bagasi milik Michele. Lihatlah dengan kamera. Rupanya didalam bagasi tersebut tepatnya disisi kiri berisi koleksi alat kenikmatan begituan (yang masih anak anak belum boleh tau). Selain itu terdapat komputer dengan fitur Kruton 9000. Rupanya komputer ini juga muncul di GTA 3 versi terbaru.

Kapal Selam US Numnutz
Terdapat kapal selam yang mungkin dipakai untuk tujuan militer dan merupakan satu satunya di GTA San Andreas. Lokasinya di sebuah dermaga di daerah Esplanade North. Sayangnya tidak bisa masuk kesana.

Keberadaan Pulau Alcatras.
Misteri ini masih membingungkan menurut saya. Tapi bila ingin menelusurinya bisa di lain waktu. Coba pergi ke Lil Probe Inn (nanti dijelaskan secara lengkap dibawah) lalu masuk ke dalam bar tersebut, setelah itu cari sebuah ruangan dan lihatlah sebuah peta yang terpajang di dinding. Ternyata di peta itu tergambar pulau Alcatras di selatan Bayside Marina dan kota kecil Bayside Marina tersebut justru tidak tergambar di peta tersebut, apalagi di peta di pause menu, justru pulau Alcatras tidak tergambar disana. Jika ingin pergi ke tempat yang sesuai dengan peta yang ada di Lil Probe Inn, maka disana hanya terdapat beberapa batu besar di dasar laut.

The Fault.
Setelah mencari keberadaan pulau Alcatras yang masih diragukan, saya terkejut melihat sebuah bentuk dasar laut yang menyerupai patahan. Ini mungkin menjadi titik terang dari misteri reruntuhan jembatan. Dan ini sesuai dengan patahan di kehidupan nyata di California (meskipun sebagian patahannya di daratan sih). Yang saya khawatirkan ialah letaknya yang dekat dengan daratan apalagi dekat Jembatan Gant. Kalau seandainya terjadi gempa bumi maka itupun akan musnah.

Battery Point.
Mungkin ada sedikit titik terang terkait dengan penjara Alcatras. Ditemukan secara jelas sebuah bangunan menyerupai penjara di Battery Point atau tepatnya persis dibawah jembatan Gant sisi selatan. Mungkinkah itu adalah penjara Alcatras? Tapi kelihatannya berbeda dengan Alcatras. dan bangunan itu memang ada di dunia nyata di San Fransisco.

Bridge Facts.
Sudah selesai jelajah misteri di San Fierro dan Anda bisa istirahat terlebih dahulu. Jika sudah lanjut saja ke Las Venturas. Tapi sebelum itu pergilah ke suatu tempat didekat jembatan Gant sisi San Fierro tepatnya di Juniper Hollow. Bila Anda dari jembatan turunlah sedikit ke bawah. Nantinya akan ada sebuah papan yang berisi fakta dari Jembatan Gant tersebut (jembatan merah menurut saya). Selain itu terdapat sebuah potongan kabel dengan tanda informasi berikutnya.

The Wrong Bridge.
Tau Garver dan Kinchaid bridge? Ini merupakan dua jembatan besar penghubung antara San Fierro dan daerah gurun. Yang Garver untuk jalan raya, dan Kinchaid untuk kereta api. Tapi benarkah jembatan ini ada di dunia nyata? Ternyata tidak sama sekali. Di San Francisco hanya ada satu jembatan panjang tetapi bentuknya tidak sama persis dengan kedua jembatan ini. Dan kedua jembatan ini sebenarnya ada di Inggris dan bentuk jembatannya memang mirip seperti itu. Kalau gak percaya coba download mainkan game simulasi truk berikut, www.eurotrucksimulator2.com dan www.americantrucksimulator.com. Bandingkan jembatan yang saya maksud dengan jembatan pada game simulasi ini. Berbeda kan?

Easter Egg’s Facts.
Saatnya melewati jembatan Gant (jembatan merah)! Tapi tunggu, di puncak tiang jembatan sisi selatan rupanya ada misteri yang terlewatkan. Caranya naik dengan Jetpack sampai ke puncak. Nanti akan terlihat sebuah tempelan yang bertuliskan “There are no Easter Eggs up here. Go away!”, yang artinya “Tidak ada Easter Eggs diatas sini. Pergilah!”. 


LAS VENTURAS & DESSERT.

gt3

 

Kota ini megadopsi kota Las Vegas yang disekelilingnya merupakan hamparan gurun pasir yang panas, oleh sebab itu saya sebut Las Venturas & Dessert. Jika di Los Santos berupa perumahan biasa, dan di San Fierro berupa apartemen dan perumahan elit, kalau di Las Venturas berupa perhotelan dan pusat judi yang merajalela. Dibandingkan dengan daerah lain, kota ini justru tidak mempunyai pelabuhan besar. Karena sebenarnya kota asli Las Vegas tidak terletak di tepi laut. Sedikit sekali misteri di pusat kota ini, dan justru melumpuk di kawasan gurun. Penduduk disana sudah sangat begitu paling kaya raya sekali banget (wuuih....kelebihan bicara!) karena memang di kawasan Las Venturas & Dessert merupakan penghasil minyak bumi dan pertambangan, mungkin juga dari hasil judi. Memang disana terdapat banyak sekali Casino di sepanjang jalan utama. Hotelnya pun terbilang mewah sekali. Di kota ini ada sebuah istana kerajaan mirip istana Disney. Tapi memang untuk tujuan wisata, meskipun bingung gak bisa masuk ke dalam. Di Las Venturas Dessert terdapat kawasan militer bernama Area 69 atau Area 51 ataupun Restricted Area dan merupakan satu satunya di GTA SA. Kota ini kelihatanya masih tampak baru berkembang pembangunan kota ini.
Misteri yang populer di daerah ini adalah UFO. Penampakan pesawat luar angkasa ini diduga muncul di kawasan ini. Selain itu juga terdapat seorang pembunuh yang berkeliaran disepanjang pedesaan disekitar gurun. Dan terdapat kota tua yang berhantu sehingga patut diselidiki, serta masih ada misteri lainnya disini. Berikut penjelasannya dengan seksama!

Silver Vibrator.
Akhirnya sampai juga di Bayside Marina yang letaknya dekat Jembatan Gant. Rupanya disana terdapat sebuah senjata berupa vibrator perak di dekat pelabuhan tepatnya bersembunyi di sebuah tempat sampah yang bertuliskan Skip Hire (seperti yang dijelaskan pada kursi tua berkarat). Jadi temukan dengan teliti.

Ghost Vortex.
Pergilah ke sebuah teluk di Bayside Marina tepatnya ditepi tebing curam dekat jalan besar. Bagi yang merasa beruntung akan melihat secara langsung sebuah vortex yang  tiba – tiba berjalan sendiri ke laut lalu tenggelam. Mungkin saja karena medan yang miring vortex tersebut turun dengan sendirinya.

The Light House Ruins.
Ini merupakan reruntuhan bangunan yang tidak diketahui asal usulnya yang terletak di Bayside Marina tetapi letaknya dekat dengan jalan kecil menuju El Quebrados. Pondasinya mirip seperti pondasi mercusuar. Tetapi saya kurang tau alasan keberadaan bangunan ini.

Serial Killer.
Ini merupakan seorang pembunuh yang sangat misterius. Dengan jubah hitam, topi koboy berwarna hitam, dan membawa pistol. Dan sosok ini bisa terlihat di lokasi yang sudah saya tandai dalam kondisi sedang berjalan kaki layaknya pejalan kaki gitu.

Aldea Malvada.
Daerah ini merupakan kota hantu yang terletak di sebelah timur El Quebrados. Kota ini terbuat dari tanah tetapi sudah lama hancur. Sudah disediakan petunjuk arah untuk menuju kesana. Disana terdapat sebuah Bazzoka, jika pada malam hari sekitar pukul 22:00 bagi yang beruntung akan muncul sesosok hantu dan terkadang akan menyerang siapapun. Jika berminat Anda bisa pergi kesana pada malam hari untuk uji nyali sekaligus berwisata.

The Sherman Dam.
Ini merupakan satu satunya bendungan yang ada di GTA SA. Anda bisa berwisata kesana dengan menyajikan pemandangan indah dan unik, hee... Disana terdapat sebuah monumen dan ditengahnya terdapat sebuah bunga. Saya kira itu merupakan sebuah makam. Menara sutet disekitarnya berdiri kokoh bahkan di medan miring sekalipun. Luar biasa! Terjun bebas disini boleh saja, yaa bagi yang mau bunuh diri disini. Selamat berwisata!

El Castilo Del Diablo.
Dari bendungan tersebut ada jalan kecil yang langsung mengarah ke sebuah kota mati. Lokasinya di dekat bekas bandara di Verdant Meadows. Sama halnya dengan Aldea Malvada. Tempat ini merupakan kota hantu tetapi kebanyakan terbuat dari kayu. Kota ini lebih angker daripada Aldea Malvada. Bila pada jam 22;00 akan muncul sesosok figur hantu dalam sekejap saja. Saya saja tidak berani berlama lama disana karena saking angkernya dan suasananya begitu mengerikan. Tapi bagi Anda yang berani silahkan uji nyali disana.

Strange Flower.
Salah satu keanehan di El Castilo Del Diablo yaitu sebuah bunga di sebuah pemakaman tua `yang tidak terawat. Banyak sumber yang mengatakan bahwa sebuah pesawat akan menimpa Anda jika Anda sendiri mengambil bunga tersebut. Oleh sebab itu hal ini menjadi titik tumpu keangkeran kota hantu ini.

Abandoned Place.
Dari El Castilo Del Diablo kini beranjak ke puncak. Disana terdapat sebuah rumah tua yang bisa dilihat dari bendungan, disamping itu terdapat sebuah jalur yang terbuat dari kayu dan mengarah ke ujung tebing. Selain itu terdapat beberapa gubuk yang didalamya terdapat mobil kart dan parasut. Cobalah ikuti sebuah jalur yang terbuat dari kayu, nantinya Anda akan terbang meluncur dan akhirnya tercebur ke danau. Dan terjun payung pun juga boleh. Keren juga ya!

Body Bags.
Diantara Verdant Meadows dengan Restricted Area (Area 51) terdapat tebing dan bebatuan. Dibalik tebing dan bebatuan tersebut rupanya terdapat sebuah lubang yang diduga berisi enam kantong mayat dan sebuah Bobcat. Ini menyiratkan bahwa si Serial Killer tersebut membunuh enam orang dan dibuang di lubang ini.

Batu Terbelah.
Dari lokasi Bodybags bisa dilihat sebuah batu besar dan tinggi tetapi dalam kondisi terbelah. Saya sendiri curiga mana mungkin batu bisa dibelah seperti itu apalagi batu ini besar dan tinggi. Lokasinya di sebelah Regular Tom.

Geyser di Gurun.
Terletak di Regular Tom dekat batu terbelah. Terdapat sebuah obyek wisata tersendiri yaitu sebuah geyser. Banyak fotografer yang ingin memotret kemunculan geyser tersebut. Jika Anda mau datanglah kesana, dan jangan kalah dengan fotografer lainnya!

The Big Ear.
Ini merupakan sebuah parabola besar yang terletak di dekat Regular Tom. Lokasinya berada di puncak gunung. Disebut Big Ear karena bentuknya memang menyerupai telinga yang sangat besar. Dikatakan bahwa banyak anak yang terlahir tanpa telinga karena emisi radio yang tinggi, selain itu banyak pesawat yang tertabrak kesini. Juga ada rumor bahwa ada muatan disana selama malam hari. Sebenanya ini merupakan replika dari struktur dengan nama yang sama yang merupakan bagian dari proyek SETI Ohio State University dan dirancang untuk mencari transmisi radio luar angkasa. 

Lil Probe Inn.
Lokasinya di dekat Big Ear dan persis di samping rel kereta ini, serta berada di jalan aspal ke Area 51 (Restricted Area). Ciri khas dari sebuah bar ini ialah sebuah UFO mainan yang besar dan selalu berputar putar. Bila kita masuk ke dalam, rupanya di bar ini memiliki koleksi foto UFO di sepanjang dinding bar ini. Ada sebuah ruangan lain dan disana terdapat sebuah peta yang diduga merupakan lokasi keberadaan UFO.

Cluckin Bell di Fort Carson.
Sebelum lanjut ke tempat lain ada kalanya istirahat makan terlebih dahulu. Kebetulan di Fort Carson terdapat sebuah restoran terpencil di pinggir kota kecil tersebut. Sayangnya restoran ini harus ditutup pada malam hari tepatnya mulai jam 00:00 sampai pagi hari. Alasannya tidak diketahui tetapi restoran seperti ini hanya satu satunya di GTA SA. Unik kan!

Sky Door.
Dekat dengan restoran yang disebutkan diatas terdapat sebuah bintang untuk menghilangkan tingkat pencarian polisi. Tapi sebenarnya masih ada satu lagi yaitu diatas langit. Dikatakan bahwa disana terdapat sebuah ruangan yang digunakan dalam misi pencurian. Sayangnya yang berada diatas sana tidak bisa diakses dengan permainan normal baik dengan jetpack ataupun pesawat lainnya jadi mau tak mau harus cheat atau hoax kiranya gitu.

Terowongan di Fort Carson.
Sepertinya sudah kelelahan dan sebaiknya disave dulu di sebuah Savehouse di Fort Carson. Bila sudah lanjutkan perjalanan. Tapi tunggu, sebelumnya disekitar Savehouse tersebut tepatnya di tepi sungai atau di bawah jembatan kereta api terdapat sebuah terowongan kecil dan didalamnya ada tanda bintang. Terowongan itu mengarah ke tebing dan akhirnya ke jalan buntu.

Rumah Tenggelam.
Diseluruh daerah gurun terdapat beberapa rumah yang dalam kondisi tenggelam (dan yang menyerupainya). Ada tiga lokasi yang saya temukan. Pertama di daerah Lil Probe Inn tepatnya dari bar tersebut ke utara sedikit. Kedua di samping bekas landasan pacu bandara di Verdant Meadows. Ketiga disamping POM Bensin dipinggir gurun.

Horses in Las Barrancas.
Di daaerah Las Barrancas diduga terdapat suara kuda yang terjadi pada malam hari. Dengan bukti refrensi berikut yang artinya:
"Sebuah kota gurun kuno mendalami sejarah lokal, rumah bagi reruntuhan Hopi yang diawetkan dan peraturan mengerikan dari Grave Mass Barrancas. Pada tahun 1842, Kavaleri 66, di bawah komando Kolonel Henry Bolt, yang ditempatkan di dekat Fort Carson ketika mereka menjawab panggilan bantuan dari homesteaders yang diserang oleh bandit. Menunggang kuda untuk penyelamatan, seluruh rombongan jatuh ke lubang. Dikatakan bahwa suara seratus kuda dapat didengar sedang berkuda melalui kota pada tengah malam".
Meskipun ada beberapa spekulasi tetapi banyak yang menyatakan tidak bisa menemukannya termasuk saya sendiri. Dan yang saya dengar hanya suara angin menyerupai seruling seperti yang dijelaskan di Screaming Voice.

Abandoned House.
Lokasinya di utara Verdant Meadows atau bisa dilihat dari jembatan dekat bekas bandara ke utara. Disekitar rumah aneh ini terdapat sebuah pesawat yang bisa berada dia air, sebuah pengeras suara, serta sebuah dermaga kecil. 

Bangunan Misterius.
Ada satu hal sebelum ke kota Las Venturas. Pergilah ke ujung bekas landasan pacu dan bila dilihat seperti ada bangunan didepan. Kesanalah! Bangunan disini seperti menempel dengan tebing dan areal parkir yang cukup luas. Dugaan saya bahwa disini merupakan markas rahasia yang berkaitan dengan area 51.

Pipa di Tepi Laut.
Sekarang selesai sudah jelajah di gurun yang panas. Kini saatnya pergi ke Las Venturas. Pertama mulailah dari tepi laut disekitar kota Las Venturas. Disana ada pipa besar yang mengarah ke laut, dan jika menyelam kesana pipa tersebut ada yang berlubang. Saya kurang mengerti untuk apa dipasang pipa tersebut.

V-Rock Hotel.
Ini merupakan sebuah hotel yang ada di pojok utara Las Venturas. Hotel ini sangat mudah ditemukan. Meskipun gak bisa masuk ke dalam tetapi  bisa pergi ke atasnnya. Disana terdapat tempat santai yang dilengkapi dengan kolam renang. Hotel ini juga dipakai di GTA Vice City.

Mysterious Peds.
Pedestrian atau disingkat peds atau juga yang dimaksud pejalan kaki yang satu ini sangat aneh. Saya lihat dengan mata saya sendiri dan kaget sekali melihatnya. Karena pejalan kaki tersebut entah tiba tiba saja muncul dari atas bangunan hotel yang bernama The Emerald Isle disisi barat lalu terjatuh, dan anehnya ada yang selamat padahal jatuh dari lantai 3 atau 4 kiranya begitu. Alasannya sangat misterius dan mungkin saja sengaja dibuat oleh pembuatnya. Nakal juga ya? Atau jangan jangan komputer punya saya yang error. Bagaimana menurut Anda?



MISTERI TAMBAHAN

Anda bisa istirahat sekarang karena memang begitu melelahkan jelajah misteri meskipun sampai berhari hari. Jika sudah selesai beristirahat langsung beralih ke misteri atau keunikan tambahan alias ada plusnya. Misteri disini melingkup seluruh San Andreas jadi misteri atau keunikan disini bisa ditemukan dimana saja. Selain itu ada beberapa misteri yang terbilang kurang terbukti alias hanya Mod. Berikut tulisannya:

Pejalan Kaki Zombie.
Kenapa disebut pejalan kaki Zombie? Ya, karena orang yang satu ini masih hidup meskipun telah ditembak berkali kali. Ini sebenarnya merupakan sebuah trik. Caranya pergilah ke Pay n’ Spray atau sejenisnya lalu ajak orang lain berantem dengan cara dipukul. Jika orang itu sudah mulai marah, ajaklah dia ke dalam tempat tersebut. Setelah itu usahakan orang yang marah tersebut masih tetap di dalam Pay n’ Spray. Dan pada saat itulah Anda tembak orang yang marah tersebut. Benar saja, orang itu tidak mati meskipun ditembak berkali kali. 

Ghost Rider.
Yang satu ini juga trik. Caranya bakar mobil atau motor tersebut dengan senjata yang bisa menyemburkan api, dan jangan sampai kendaraan tersebut meledak. Amati mobil atau motor yang sudah dibakar, dan menajubkan, orang yang mengendarai tersebut masih hidup meskipun telah dibakar seperti halnya Ghost Rider. Dan lama kelamaan api tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Ajaib...

The Mirror.
Yang satu ini sangat mudah dan sangat unik. Pergilah ke Savehouse dimana saja (atau di suatu tempat yang ada cerminnya jika ada), lalu beranjak ke ruang ganti kiranya gitu. Disana ada cermin lalu dekatilah sedekat mungkin. Jika ditembak cermin tersebut tidak pecah atau retak sama sekali, dan jika dilempar senjata sejenis bom atau molotov, lemparan tersebut langsung menembus cermin bila dilihat dari samping. Unik bukan?

Sex Shop.
Anda pasti sering menjumpai toko ini. Dugaan saya sih di toko ini menjual berbagai hal yang hanya diketahui orang dewasa saja. Jadi mohon maaf bagi yang masih anak dibawah umur. Dan toko ini kadang bisa masuk ke dalam. Saat saya masuk ke dalam, ternyata mirip dengan toko kaset, tapi isinya yang begituan. Bahkan gergajinya berbentuk seperti batangnya milik pria. Rupanya salah satu sumber mengatakan bahwa toko ini juga ada di kehidupan nyata. Seandainya itu memang ada, saya sendiri merasa heran. Apa orang yang punya toko tersebut tak merasa berdosa ya?

Hot Cofee.
Sebaiknya bagi anak – anak gak usah ditelusuri, dan supaya ini tidak terjadi sebaiknya jangan ajak pacaran dalam permainan GTA SA ini. Karena ketika selesai diajak pacaran wanita yang diajak tersebut justru ingin mengajak Anda melakukan hubungan diluar nikah kiranya gitu. Tapi sebaiknya bagi orang yang beriman tolak saja ajakan itu. Ini demi kebaikan umat begitu.

Strange Call.
Ini merupakan dampak negatif dari GTA SA menurut pendapat saya sih. Jika Anda sudah menyelesaikan misi permainan tetapi belum mempunyai pacar sama sekali, maka setiap jam 03:33 telepon akan berbunyi secara misterius dimanapun Anda berada.

Ghost Train.
Ini juga merupakan salah satu trik. Naiklah ke kereta barang dimana saja lalu ketika kereta itu jalan tembaklah ke gerbong mesin kereta atau kemudi kereta tersebut sebanyak mungkin sampai kereta berhenti. Jika sudah berhenti beranjaklah ke depan, disana terdapat darah dibawah kereta. Tetapi jika dibuka pintu tersebut pengemudinya masih ada meskipun sudah mati. Kok bisa ya padahal saya tembak dari belakang gerbong mesin!

Monster di GTA SA.
Misteri yang satu ini sangat sulit untuk mencarinya, karena saya sudah mencarinya siang maupun malam belum juga ditemukan. Jadi kesimpulannya ini semua hanyalah Mod. Berikut monster yang ada di permainan ini menurut berbagai sumber.
Yang pertama adalah The Leatherface. Sosok ini sangat populer sebagai misteri teraneh di GTA SA. Ciri cirinya ialah pakaiannya berlumuran darah, memakai topeng yang sangat mengerikan, menggunakan gergaji sebagai senjata, dan bila ditembak dia tidak bisa mati secara langsung. Lokasinya pun tidak jelas, ada yang menyatakan bahwa ia ada di Blueberry, The Panopticon, Shaddy Creeks, Fisher Lagoon, atau di North Rock. Beberapa mengatakan bila ingin bertemu dengannya harus bersembunyi kira kira seperti sedang berperang gitu. Tapi menurut saya itu hanya terjadi jika sebelumnya telah diMod atau semacamnya karena sudah saya lakukan seperti itu tetapi tidak muncul juga.
Monster berikutnya yang juga masih populer ialah Bigfoot. Bentuknya menyerupai kingkong berwajah aneh. Salah satu titik terangnya ialah jejak kakinya di Back o’ Beyond seperti yang sudah dijelaskan sebelum sebelum sebelum belumnya. Lokasinya juga tidak jelas, kadang di Back o’ Beyond atau di Shady Creeks. Dan sampai saat ini saya sendiri belum menemukan sosok tersebut.
Monster lain yang juga merupakan misteri adalah Piggsy dan Yeti di Mount Chilliad, Samara di Biowell, dan monster lainnya di Las Venturas & Dessert seperti Alien, Lizard, atau bisa juga Zombie dan yang lainnya. Lalu bagaimana menurut Anda?

UFO.
Misteri ini sangat populer di GTA SA. Yaitu kemunculan sebuah UFO yang sewaktu waktu terbang disekitar Las Venturas & Dessert. Dan bahkan pernah ditemukan UFO jatuh . Saya sendiri sudah mencarinya tetapi belum ketemu. Bagi Anda seorang detektif atau penjelajah misteri ataupun sejenisnya bisa datang ke Lil Probe Inn untuk cari informasi sedikit seputar UFO. Tapi kalau menurut saya itu semua hanyalah Mod, karena sangat sulit menemukannya.

Marfa Ghost.
Awalnya saya mengira itu adalah sebuah bintang jatuh. Tetapi saya baru menyadari karena tidak mungkin bintang jatuh berwarna warni. Dan rupanya itu adalah hantu cahaya. Lokasinya bisa diseluruh Las Venturas Dessert. Warnanya bisa merah, kuning, hijau, ataupun biru.

Polisi yang patuh.
Hee..he.... kenapa saya sebut demikian, karena polisi yang satu ini benar benar bertekad menjaga keamanan meskipun hanya menjaga tempat parkir saja atau gerbang pintu masuk sih. Tetapi polisi ini tidak main – main, karena saat memasuki lahan parkir disamping kantor polisi dimana saja langsung dihadang polisi tersebut dengan ditembak meskipun sudah cheat anti polisi sekalipun tetap tidak mempan. Sebaiknya keluar saja dari tempat itu dan mungkin saja akan ditangkap langsung oleh polisi karena hal sepele seperti itu.

Angka 69.
Mungkin bagi Anda sekalian tidak terlalu memikirkan hal itu, namun bagi saya hal ini patut dibicarakan secara serius. Karena disetiap tempat selalu terdapat tulisan angka 69 salah satunya di landasan pacu bandara Los Santos. Sebenarnya apa makna dari angka 69? Dan apakah ada kaitannya dengan angka tersebut? Apakah Anda bisa menjawabnya?

Segitiga Bermuda.
Ini merupakan salah satu keanehan di permainan ini. Dan mungkin saja hanya merupakan tiruan dari hal tersebut. Lokasinya di luar San Andreas di lautan lepas. Mana mungkin ada segitiga Bermuda di San Andreas yang mengadopsi California dan sebagian Nevada (Los Angeles, San Fransisco, dan Las Vegas) padahal lokasi aslinya atau di dunia nyata terletak di bagian timur Amerika. Menurut salah satu sumber saat pergi ke lautan ada sebuah pesawat jatuh ke laut dan bila terlihat dari dasar laut pesawat itu tembus dan langsung menghilang. Percaya atau tidak? Kalau saya akan percaya sampai ada buktinya baik dari saya sendiri maupun di situs yang ada. 

Blue Hell.
Ini merupakan jalan menuju area 69 atau area 51 (kemungkinan di Restrichted area didalam peta). Tetapi hanya bisa dilalui jika ada misi tersebut. Menurut berbagai sumber, ada dua cara untuk bisa kesana. Cara yang pertama pergi ke Gym Los Santos dengan cara seperti yang ditunjukkan di nomor 2 tetapi setelah memasuki dunia hitam buka peta dahulu lalu tandai ke area 69 (area 51) setelah itu terbanglah ke tempat yang ditandai tersebut, ketika sudah sampai akan ada sebuah lubang kotak hitam lalu turunlah sampai ke area 51. Atau jika dari kota San Fierro pergilah ke gedung yang bisa diakses (dimasuki) lalu akan langsung menuju atapnya, setelah itu terbang menggunakan jetpack menuju area 51. Tetapi dari cara tersebut hanya bisa terjadi jika ada faktor keberuntungan, namun menurut sumber yang lain ada yang lebih mudahdan bisa dilakukan pada saat tidak ada misi. Pertama pergi ke dinding di luar arena kota Las Venturas, lalu cheat jetpack dan pergi ke pojok tembok, jika sudah tembus buka peta dan tandai ke area 51, kemudian terbanglah kesana, sesampai disana akan ada banyak ruangan kosong di dasar tanah tetapi untuk bisa kesana harus mencari ruangan yang ada mejanya, jika sudah ketemu turunlah kesana tetapi turunnya harus di meja, setelah itu lepas jetpacknya lalu turun ke lantai, Anda akan sempat terjatuh namun dalam sekejap sudah berdiri di dalam area 51.

Berdiri Diatas Langit.
Maaf kalau saya gak bisa membuat judul yang menarik. Tetapi jangan hanya lihat judul yang kurang menarik langsung beralih ke yang lain, lihat dulu isinya pasti menarik, dan setelah itu tolong usulkan judul apa yang cocok untuk ini, atau yang lain. Sudahlah, kembali ke topik. Fenomena ini mungkin hanya bisa terjadi jika jembatan yang ada masih ditutup dan tidak bisa diakses. Caranya terbang dengan jetpack ke atas jembatan dan tepat diatas jembatan langsung lepas jetpack. Fantastis, seakan akan sudah melayang atau berjalan di angkasa.

Sudah selesai jelajah misteri yang aneh dan unik di GTA San Andreas berdasarkan pengalaman saya. Maaf bila ada kekeliruan dalam menulis semua ini. Bagi yang belum menjelajah semua misteri ini Anda bisa memulainya kalau punya Game GTA San Andreas baik versi lama maupun yang terbaru. Mungkin bisa jadi misteri atau keunikan yang saya tulis ini ada yang berbeda dengan GTA SA versi lain karena yang saya mainkan adalah GTA San Andreas versi Extreme Edition 2011

Kalau ada sesuatu yang kurang mohon ditambahi. Terima kasih.

MISTERI HAL ANEH DAN UNIK DI GRAND THEFT AUTO SAN ANDREAS (GTA SA) LENGKAP TERBARU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar